Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Asuransi Mobil BCA: Pengertian Dan Cara Pengajuan Terbaru

3 min read

Asuransi Mobil BCA

Asuransi Mobil BCA sangat penting untuk mengelola risiko kerusakan. Baik karena kecelakaan maupun peristiwa tidak terduga lainnya seperti kecurian. Risiko semacam ini dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi dengan mengganti semua kerugian yang timbul.

Dengan demikian, keuangan kalian pun tentu akan lebih terjaga karena dapat terhindar dari biaya besar akibat kejadian buruk yang menimpa kendaraan pribadi.

Bagi pembaca yang berminat untuk menggunakan produk finansial tersebut, tentu saja harus mengenalnya secara lebih mendalam bukan ?

Oleh karenanya untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Asuransi Mobil BCA, silahkan simak uraian dibawah ini hingga tuntas ya.

Asuransi Mobil BCA

Asuransi Mobil BCA

Memiliki asuransi kendaraan bermotor akan sangat direkomendasikan saat seseorang hendak membeli kendaraan pribadi, seperti mobil.

Peningkatan jumlah kendaraan tentu saja akan membuat potensi risiko di jalan turut meningkat. Apalagi kita tidak ada yang tahu kapan musibah datang. 

Meskipun demikian, sebagian pemilik kendaraan tersebut menganggap bahwa asuransi mobil atau motor sebagai sesuatu yang tidak perlu. 

Padahal asuransi kendaraan akan sangat dibutuhkan jika ada hal di luar kendali manusia yang terjadi secara tiba-tiba seperti kecelakaan.

Asuransi Mobil BCA sendiri adalah perlindungan yang menjamin kerugian, kerusakan, hingga kehilangan atas kendaraan bermotor akibat terjadinya risiko yang tidak diinginkan.

Asuransi mobil BCA Insurance memiliki 2 jenis asuransi mobil untuk menjaga agar mobil milikmu tetap aman, diantaranya adalah:

1.Asuransi mobil all risk

Asuransi mobil all risk akan melindungi mobil dari segala macam resiko. Asuransi ini juga disebut sebagai asuransi komprehensif atau keseluruhan. 

Jadi, pihak asuransi akan membayar klaim untuk semua jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan sampai rusak berat, bahkan kehilangan.

2. Asuransi mobil total loss only

Pada asuransi mobil total loss only, klaim hanya dapat diajukan saat terjadi kehilangan total. Kehilangan total yang dimaksud, yaitu terjadinya kerusakan di atas 75% atau terjadi pencurian.

Jika kerusakan mobil kurang dari jumlah tersebut, maka kalian tidak akan mendapatkan ganti rugi. Aduan angka 75% ini diambil dari kemungkinan mobil yang tidak dapat digunakan lagi. 

Cara Pengajuan Asuransi Mobil BCA

Asuransi Mobil BCA

Setelah mengetahui mengenai pengertian dan jenis-jenis Asuransi Mobil BCA, tentu diantara kalian ada yang tertarik untuk mendapatkan asuransi tersebut bukan ?

Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik, untuk mendapatkan polis asuransi mobil BCA Insurance, kalian harus mempersiapkan syarat-syarat berikut ini : 

  • FC KTP/SIM/KITAS
  • FC STNK
  • Dokumen lain sesuai jenis perlindungan yang dipilih 

Jika persyaratan di atas sudah disetujui, maka segera bayar premi sesuai dengan yang tertulis dalam polis asuransi untuk mendapatkan perlindungan yang sesuai.

Sebagai informasi, kalian dapat membeli asuransi mobil yang satu ini dengan mudah baik secara offline maupun online. Untuk pembelian offline, silahkan datang langsung ke agen asuransi BCA.

Namun jika ingin ingin cara yang lebih praktisnya lagi, maka kalian bisa membeli secara online melalui situs resminya.

Cara Membatalkan Asuransi Mobil BCA

Bisakah kita melakukan pembatalan polis asuransi mobil ? 

Bisa-bisa saja, namun seperti cara membatalkan asuransi bca life, ada hal-hal yang harus kalian ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pembatalan.

Sangat disarankan untuk memilih asuransi mobil terbaik sebagai pengganti asuransi yang lama sebelum melakukan pembatalan polis asuransi. 

Jangan sampai mobil kenapa-apa saat polis asuransi sudah tidak berlaku lagi dan di saat bersamaan belum memiliki polis asuransi yang baru.

Sebelum memutuskan pembatalan asuransi mobil, pertimbangkan hal-hal dibawah ini terlebih dahulu :

  • Pertimbangkan kerugian yang akan terjadi sesudah polis dibatalkan
  • Pertimbangkan jaminan yang diperoleh dengan premi dari perusahaan tersebut. Sebab, belum tentu kalian akan mendapatkan premi serupa dengan pertanggungan yang sama
  • Hitung lagi premi yang sudah dibayar, sebab premi yang kalian bayar untuk proteksi setahun

Untuk membatalkan polis asuransi, masing-masing dari perusahaan asuransi tentu memiliki kebijakannya masing-masing. Namun, untuk asuransi mobil BCA sendiri memiliki ketentuan sebagai berikut : 

1. Menghubungi Customer Service BCA 

Cara membatalkan asuransi mobil BCA yang pertama yakni dengan menghubungi Customer Service BCA untuk mengurus pembatalan asuransi. 

2. Mengirimkan Surat Pembatalan ke BCA 

Untuk mengirimkan surat pembatalan, kalian harus mengirimkannya melalui pos ke alamat resmi BCA yang bisa ditemukan di website bank BCA. 

4. Membayar biaya pembatalan sesuai jenis dan jangka waktu asuransi

Biaya pembatalan asuransi BCA dapat tergantung dari jangka waktu asuransi yang dipilih. Sebagian besar asuransi BCA memiliki jangka waktu 1 tahun, namun ada juga yang memiliki jangka waktu lebih dari 1 tahun

5. Mengikuti Instruksi Customer Service BCA

Tahap selanjutnya, ikuti arahan dari pihak CS BCA sampai proses pembatalan berhasil. Nantinya kalian akan mendapatkan bukti pembayaran.

Kalian bisa menyimpan bukti pembayaran dan konfirmasi pembatalan. Bukti pembayaran tersebut harus disimpan untuk referensi di masa mendatang. 

Tips Memilih Asuransi Kendaraan

Asuransi Mobil BCA

Layaknya asuransi yang lainya, Asuransi Kendaraan juga tidak bisa asal pilih. Terdapat beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk memilih asuransi kendaraan agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan. 

Berikut sejumlah tips yang penting diketahui : 

  • Memastikan perusahaan asuransi memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  
  • Memastikan perusahaan memiliki keuangan yang stabil sehingga mampu menanggung risiko yang akan terjadi.  
  • Mempelajari dengan baik proposal yang ditawarkan oleh agen terlebih pada risiko yang dijamin
  • Pastikan agen asuransi memiliki lisensi / sertifikat keagenan.  
  • Mengisi Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA) dengan benar sebelum ditandatangani.  
  • Sebelum membeli produk, perhatikan surat penawaran dari perusahaan asuransi
  • Pastikan data SPPA sesuai kondisi sebenarnya
  • Memilih polis / produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan.

Namun, tidak hanya kendaraan saja yang perlu proteksi, jangan lupa juga untuk melindungi kesehatan kalian sekeluarga dengan asuransi kesehatan. 

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Asuransi Mobil BCA. Semoga dapat bermanfaat dan membantu.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang