Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

6 Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA: Syarat Dan Biaya Admin Terbaru

3 min read

atm bca

Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA adalah metode yang paling banyak disukai. Jika kalian sudah menjadi bagian dari Nasabah bank BCA pastinya wajib tau beberapa langkah untuk melakukan pembayaran di aplikasi m-banking tersebut.

Prosedur yang akan diinformasikan pada artikel kali ini juga memiliki beberapa langkah yang dapat kalian pahami dengan mudah. 

Jadi bagi pembaca yang mungkin baru pertama kali melakukan pembayaran angsuran via ATM BCA, kalian bisa simak artikel Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA dibawah ini.

Syarat Bayar FIF Lewat ATM BCA

Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA

Bagi siapa saja yang tidak tahu Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA, maka kalian bisa mengikuti dan menyimak pembahasan dibawah ini hingga tuntas 

Namun sebelum beralih pada topik utama tersebut, kalian harus tahu ketentuan dan syaratnya terlebih dahulu. Pasalnya tidak semua orang bisa menyetorkan uang cicilan FIF melalui ATM BCA.

Adapun berikut beberapa syarat yang kami maksud : 

  • Tagihan masih dalam masa aktif, bukan masa tenggang bahkan diblokir
  • Saldo ATM BCA cukup
  • ATM BCA tidak diblokir
  • Nasabah mengetahui jumlah tagihan yang ditetapkan
  • Nasabah membawa kode pembayaran cicilan FIF
  • Bersedia membayar biaya admin pembayaran cicilan FIF

Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA

Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA

Sebelumnya sudah sempat dibahas mengenai bagaimana Cara Bayar Motor FIF Lewat M Banking BCA.

Pembayaran dengan sistem online memanglah lebih banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Disamping karena mudah, pembayaran via online ini juga sangat aman dan cepat.

Bagaimana tidak, dalam prosesnya mereka bisa melakukan pembayaran baik dimanapun dan kapanpun hanya dengan genggaman tangan saja. 

Namun cara tersebut hanya berlaku bagi nasabah yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi akun m-banking BCA. Jika kalian tidak memiliki akun bisa gunakan Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA.

Keunggulan membayar dengan metode ini bisa dilakukan kapan saja. Kalian hanya perlu mendatangi mesin ATM karena mayoritas buka selama 24 jam di berbagai lokasi. 

Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai prosedur dari Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA : 

1. Datang ke Gerai ATM BCA Terdekat

Pertama, silahkan cari mesin ATM bank BCA terdekat dari lokasimu. Baik ATM BCA yang ada di depan kantor bank BCA, di dalam minimarket sampai supermarket. 

Terlebih lagi ATM BCA melayani transaksi perbankan selama 24 jam, tentu waktunya jadi lebih leluasa bukan ? 

Namun jika kesulitan menemukan mesin ATM BCA terdekat, kalian bisa mengunjungi laman web di bca.co.id untuk mengecek lokasi ATM terdekat.

2. Masukkan Kartu Debit BCA 

Jika sudah menemukan lokasi mesin ATM BCA, lanjut masukkan kartu ATM BCA pada slot mesin dan masukkan PIN ATM BCA yang sudah dibuat untuk bertransaksi. 

Perlu diingat bahwa saat memasukkan nomor PIN ATM, jangan melakukan kesalahan penginputan. Sebab, jika memasukkan PIN sampai 3x kalian bisa diblokir.

3. Pilih Transaksi Lainnya dan Pembayaran

Jika kartu ATM BCA yang kalian masukkan sudah benar, selanjutnya pilih layanan bahasa Indonesia dan pilih opsi “Transaksi Lainnya”. 

Karena disini kalian akan melakukan pembayaran, silahkan pilih “Pembayaran” di layar ATM BCA. Untuk pembayaran angsuran FIF sendiri, silahkan klik menunya.

4. Lakukan Pembayaran Sesuai Nominalnya

Setelah memilih ‘Pembayaran’, lanjut pilih ‘Pinjaman’ jika ingin memulai transaksi. Lalu, pilih menu FIFASTRA atau FIF. Berikutnya masukkan nomor kontrak untuk pembayaran FIF.

Cek kembali apakah nomornya sudah benar atas namamu sendiri. Jika sudah, klik ‘Benar’. Biasanya, saat salah mengetikkan nomor kontrak, maka mesin ATM tak akan memproses pembayaran.

5. Cek Data Transaksi

Selain mengecek nomor kontrak, kalian juga harus memeriksa data transaksi, seperti jenis pembayaran, periode angsuran, jatuh tempo sampai jumlah nominal angsuran. 

Silahkan tunggu hingga mesin ATM berhasil memproses pengiriman uang untuk membayar cicilan kredit ke FIF. Biasanya prosesnya akan memakan waktu sekitar 5 menit saja.

6. Ambil Bukti Pembayaran dan Simpan

Jika transaksi sudah berhasil dilakukan, kalian akan menerima struk bukti pembayaran FIF. Pastikan untuk menyimpan struknya agar kalian busa sisa angsuran yang perlu dibayarkan.

Biaya Admin Bayar FIF Lewat ATM BCA

Sama saat kalian melakukan prosedur dari Cara Bayar OTO lewat M Banking BCA, bahwasanya bayar FIF lewat ATM juga akan dikenai biaya administrasi bank. 

Besaran biaya administrasi yang dibebankan bank BCA untuk nasabah yang melakukan pembayaran FIF lewat ATM yakni sebesar Rp. 2.000 – Rp. 3.000.

Nantinya biaya tersebut akan dijumlahkan bersama total angsuran. Contohnya total tagihan kalian sebesar Rp. 860.000, maka total tagihan yang harus dibayar yakni sebesar Rp. 863.000.

Tips Bertransaksi Uang Dengan ATM

Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA

Salah satu modus kejahatan yang umum terjadi di ATM adalah skimming. Untuk mencegah skimming pada saat melakukan Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA, berikut akan kami sampaikan beberapa tips aman transfer uang lewat ATM : 

  • Selalu mengganti no PIN secara berkala
  • Hindari PIN yang mudah ditebak seperti tanggal lahir 
  • Lindungi kerahasiaan PIN dengan menutup keypad menggunakan tangan 
  • Simpan kartu di tempat aman. Jika hilang, hubungi call center untuk pemblokiran
  • Waspada terhadap lingkungan sekeliling ATM 
  • Selalu perhatikan kondisi fisik mesin ATM
  • Usai penarikan tunai, sambil kartu ATM dan simpan bukti transaksi ATM
  • Selalu cek saldo di rekening tabungan untuk memastikan penggunaan yang tidak dilakukan

Itulah Cara Bayar FIF Lewat ATM BCA yang dapat kalian pahami. Point penting diatas adalah saat memasukan no kontrak harus dengan benar, jangan sampai salah karena akan memperlambat proses pembayaran. 

Ketahui juga artikel lainnya yakni “Cara Bayar PGN Lewat M Banking BCA” pada informasi sebelumnya.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang