Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BCA Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

3 min read

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BCA Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Bagaimana sih Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai ? Jika kartu ATM tidak aktif atau sudah mati maka kartu ATM tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi sekalipun nomor PIN yang dimasukkan sudah benar.

Biasanya, masalah seperti ini akan terjadi di semua nasabah lembaga perbankan, salah satunya Bank BCA, yang juga merupakan salah satu bank paling diminati oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

Nah, buat nasabah Bank BCA yang mengalami kartu ATM nya tidak bisa digunakan, pastinya akan merasa bingung lantaran tidak dapat melakukan transaksi kembali. 

Lalu bagaimana ya Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai ? Berikut dibawah ini akan disampaikan ulasan lengkapnya.

Syarat Mengaktifkan Kartu ATM BCA Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BCA Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Pada postingan sebelumnya, sudah sempat dibahas tentang Kartu ATM BCA Expired dan kini kita akan beralih pada pembahasan Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai.

Sebagai informasi setiap rekening di lembaga perbankan manapun seperti BCA ini sebenarnya memiliki masa aktifnya sendiri-sendiri.

Oleh sebab itu sangat penting untuk memastikan bahwa rekening BCA milikmu memang benar-benar mati atau tidak.

Sebab banyak kasus yang terjadi nasabah bank BCA datang ke kantor cabang untuk mengaktifkan kembali rekening miliknya yang disangka tidak aktif.

Padahal saat di cek rekening nasabah tersebut masih aktif hanya ada terdapat beberapa kendala yang membuat rekening tidak dapat digunakan.

Nah agar hal tersebut tidak sampai terjadi pada pembaca, maka penting bagi kalian untuk melakukan Cara Cek ATM BCA Masih Aktif Atau Tidak terlebih dahulu.

Setelah melakukan cek tersebut, dan kartu ATM BCA sudah dinyatakan tidak aktif, maka kalian bisa segera lakukan Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai.

Namun sebelum itu, siapkan beberapa syarat ketentuan dibawah ini agar proses dapat berjalan lancar : 

  • Buku Tabungan BCA 
  • Kartu Paspor BCA (ATM) 
  • KTP asli pemilik rekening

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BCA Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BCA Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai ternyata bisa dilakukan dengan mudah, bahkan bagi nasabah pemula sekalipun.

Prosedur tersebut dapat pembaca gunakan agar rekening bank BCA yang sudah tidak aktif dapat diaktifkan sehingga bisa digunakan kembali.

Berikut prosedur dari Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai : 

  1. Pertama, kunjungi kantor cabang Bank BCA terdekat 
  2. Langsung saja ambil nomor antrian di bagian CS
  3. Tunggu hingga kalian mendapat giliran panggilan
  4. Setelah mendapat panggilan, datangi meja CS BCA
  5. Sampaikan jika hendak mengaktifkan kembali kartu ATM BCA
  6. CS akan memberikan formulir untuk diisi dan ditandatangani 
  7. Jika sudah, CS akan memproses pengaktifan kartu ATM
  8. Tandatangani kartu ATM dan buatlah PIN untuk kartu ATM yang baru tersebut
  9. Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai berhasil

Penyebab Kartu ATM BCA Tidak Bisa Dipakai

Terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan akun rekening BCA menjadi tidak bisa dipakai. Tentu semua ini tergantung juga dari peraturan bank BCA. 

Umumnya peraturan tersebut melibatkan identifikasi dari bank dengan perbedaan prosedur. Berikut merupakan penyebab akun rekening tidak bisa dipakai :

1. Salah Transfer

Kesalahan transfer dapat sering terjadi. Saat kesalahan ini melibatkan banyak uang, maka akun yang mendapat kiriman salah akan otomatis dikunci oleh bank.

Misalnya saja saat seseorang membeli gedung dan akan membayar secara lunas. Harga gedung sendiri bisa mencapai puluhan miliar Rupiah.

Bayangkan saja uang ini salah masuk ke rekening kalian. Maka kesalahan seperti ini akan menekan bank harus melakukan tindakan drastis.

2. Aktivitas Mencurigakan

Masalah aktivitas yang tidak wajar juga dapat menyebabkan rekening menjadi tidak bisa dipakai. Aktivitas tidak wajar ini dapat berupa transfer yang terlalu sering dengan durasi pendek. 

Selain itu ada akses yang tidak di otoritas terjadi pada akun milikmu. Biasanya hacker menjadi pelaku utama untuk masalah ini. Selain itu, masalah penipuan juga dapat menyebabkan hal ini.

Saat terdapat penarikan dalam jumlah besar tanpa pemberitahuan, biasanya pihak bank akan membutuhkan konfirmasi lebih dan akan menghubungimu untuk memastikan ada penarikan besar.

Namun saat pihak bank gagal menghubungi nasabah setelah dicoba beberapa kali, akun milikmu akan secara otomatis diamankan dengan diubah menjadi dormant.

Perlu diingat, jika kartu ATM BCA milikmu hilang, segera lakukan tindakan. Jika bingung harus berbuat apa, silahkan kunjungi artikel Cara Mengurus ATM BCA Yang Hilang.

3. Saldo Rekening Kosong

Saat saldo tabungan pembaca habis dan tidak terurus selama beberapa bulan, maka otomatis rekening tersebut akan menjadi pasif. 

Saat rekening kosong, biaya admin tidak bisa ditarik. Bank tentu tidak ingin rugi. Karena itu, mereka akan mematikan akun menjadi dormant.

4. Permintaan Pembekuan Pihak Berwajib

Hal terakhir yang bisa menyebabkan rekening tidak bisa digunakan adalah permintaan dari pihak berwajib. 

Karena biasanya akun rekening para koruptor yang tertangkap akan dibekukan. Hal ini dilakukan untuk mengamankan barang bukti uang serta aset dari koruptor tersebut.

Biaya Mengaktifkan Kartu ATM BCA Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Cara Mengaktifkan Kartu ATM BCA Yang Sudah Lama Tidak Dipakai

Apakah Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai dikenakan biaya ? Untuk biaya sendiri, nasabah tidak dikenakan biaya sepeserpun. 

Hanya saja pemilik rekening tersebut akan dikenakan biaya bulanan. Biaya bulanan tersebut bukan denda penalti, hanya biaya pemeliharaan kartu ATM atau biaya administrasinya.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Cara mengaktifkan Kartu ATM BCA yang sudah lama tidak dipakai. Sekian dan terimakasih.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang