Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

2 Cara Screenshot Bukti Transfer BCA Terbaru

3 min read

Cara Screenshot Bukti Transfer BCA

Informasi mengenai Cara Screenshot Bukti Transfer BCA sangat penting untuk kalian ketahui. Dengan melakukan langkah tersebut, pengguna dapat dengan mudah memantau perkembangan saldo rekening, sehingga kalian dapat membuat keputusan keuangan yang lebih bijaksana.

Tak hanya itu, ada juga kelebihan lainnya yakni dapat membantu mengelola keuangan secara efektif dan dapat berguna untuk menyusun laporan keuangan, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Adapun untuk penjelasan selengkapnya terkait Cara Screenshot Bukti Transfer BCA beserta informasi lainnya, bisa kalian simak pada artikel di bawah ini.

Cara Screenshot Bukti Transfer BCA

Cara Screenshot Bukti Transfer BCA

Cara Screenshot Bukti Transfer BCA dapat dilakukan dengan beberapa opsi metode. Dengan beberapa pilihan tersebut, nasabah bisa memilih cara yang dirasa paling mudah. 

Berikut beberapa opsi yang dimaksud : 

1. Cara Screenshot Bukti Transfer BCA Lewat Mobile Banking BCA

Bagi kalian yang menjalani aktivitas sibuk tentu saja menginginkan metode transaksi yang cepat. Aplikasi BCA mobile dapat memungkinkanmu untuk melakukan transaksi secara efisien. 

Berikut prosedurnya : 

  1. Buka aplikasi BCA mobile di smartphone
  2. Masukkan kode akses yang sudah didaftarkan 
  3. Ketuk “m-Info” dan klik “mutasi rekening”
  4. Masukkan waktu mutasi yang ingin ditentukan
  5. Nasabah dapat melihat mutasi berdasarkan tanggal 
  6. Langkah selanjutnya, tekan tombol “kirim”
  7. Riwayat transaksi milikmu otomatis ditampilkan

Jika ingin menggunakannya sebagai bukti transfer, kalian dapat mengambil screenshot atau tangkapan layar bukti transfer m BCA.

2. Cara Screenshot Bukti Transfer BCA Via Internet Banking 

Cara Screenshot Bukti Transfer BCA

Selain melalui aplikasi mobile banking, nasabah juga bisa menggunakan layanan internet banking atau klikbca. Berikut cara lengkapnya : 

  1. Pertama, masuk ke situs website klikbca
  2. Kemudian, klik menu “informasi rekening”
  3. Selanjutnya, klik menu “mutasi rekening”
  4. Pilih jangka waktu yang kalian inginkan
  5. Klik Lihat Mutasi Rekening untuk menyimpulkan
  6. Terakhir, lakukan screenshot bukti transfer m BCA

Tips Menyimpan Bukti Transfer

Cara Screenshot Bukti Transfer BCA

Setelah melakukan prosedur dari Cara Screenshot Bukti Transfer BCA yang sudah disampaikan di atas, kini tentu kalian menyadari pentingnya bukti transfer saat melakukan transaksi.

Agar bukti transfer yang kalian miliki aman, berikut juga akan diberikan beberapa tips menyimpannya yang bisa pembaca coba :

  • Siapkan dompet khusus bagi kalian yang suka menyimpan struk bukti transfer. Letakkan bukti transfer di dalam dompet tersebut agar tidak tercampur dengan uang atau struk belanja.
  • Fotokopi struk transfer yang kalian miliki, hal ini berguna agar jika struk transfer yang hilang, maka kalian masih memiliki cadangannya. Selain itu, seiring berjalannya waktu, tulisan yang tercetak di struk transfer bisa kabur bahkan hilang.
  • Scan struk transfer yang kalian miliki ke dalam bentuk file foto. Lalu simpan secara khusus di folder perangkat maupun laptopmu.
  • Ambil foto struk transfer dengan kamera ponsel, dan simpan di folder khusus yang sudah kalian siapkan di ponselmu. Membuat folder khusus akan memudahkan dalam pencarian file yang dibutuhkan.
  • Bagi kalian yang menggunakan mobile banking bisa lakukan screen capture layar pada ponsel. Screen capture mutasi rekeningmu tersebut bisa disimpan di folder khusus pada ponsel.
  • Jika menggunakan layanan SMS Banking, kalian bisa menyimpan pesan bukti mutasi /bukti transfer dalam folder khusus yang kalian arsipkan. Agar lebih aman, kalian juga bisa melakukan screen capture pada history mutasi rekening.
  • Nasabah juga bisa menggunakan fasilitas internet banking untuk melakukan screen capture pada riwayat mutasi. Setelah itu, buat folder khusus untuk menyimpan di ponsel atau laptop.
  • Jangan lupa untuk tidak mempublikasikan secara bebas bukti transfer yang kalian miliki. Hal ini akan melindungimu dari penyalahgunaan bukti transfer untuk penipuan.

Tips Terhindar dari Penipuan Bukti Transfer Palsu

Terdapat banyak sela bagi penipu untuk melakukan aksi kejahatan di dunia perbankan. Salah satu contoh modus penipuan adalah memalsukan bukti transfer untuk transfer uang. 

Biasanya, penipu akan mengecoh korban dengan mengatakan sudah melakukan transfer dan mengirimkan screenshot bukti transfer yang sudah diedit sehingga korban percaya uang sudah terkirim.

Selain itu, biasanya penipu juga melakukan modus kelebihan transfer dan meminta agar di transfer kembali selisih uang tersebut. Padahal, trik ini hanya untuk mencuri uang korban.

Oleh karenanya, tidak hanya membahas mengenai Cara Screenshot Bukti Transfer BCA saja, berikut juga akan disampaikan mengenai beberapa tips agar terhindar dari penipuan bukti transfer : 

  • Huruf tidak jelas dan tidak seragam
  • Tata letak tulisan tidak rapi
  • Warna tulisan tipis / berbeda

Namun, meskipun huruf, tata letak dan warna tulisannya rapi sekalipun, nasabah harus tetap selalu waspada ya. Karena bisa saja pelaku sudah amat canggih. 

Kalian harus tetap melakukan verifikasi terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara agar terhindar dari penipuan bukti transfer tersebut ?  Berikut beberapa langkah pencegahan yang bisa kalian lakukan :

1. Jangan langsung percaya dengan bukti transfer BCA mobile

Ketika nasabah menerima bukti transfer pembayaran, maka jangan langsung percaya bahwa uangnya sudah masuk, apalagi jika kalian merasa ada yang aneh atau mencurigakan.

2. Verifikasi bukti transfer dengan cek mutasi

Selalu lakukan cek bukti transfer masuk dengan daftar mutasi rekening. Jika ada bukti mutasi masuk dan ada penambahan saldo, maka transfer dana tersebut benar masuk ke rekening milikmu. 

Kalian bisa gunakan e-channel BCA mobile, myBCA maupun KlikBCA untuk mengecek transaksi yang masuk. Jika transfer dana belum tercatat, hal ini perlu ditanyakan kembali pada pengirim uang.

3. Lapor ke Halo BCA dan pihak berwajib

Jika nasabah terlanjur menjadi korban penipuan, atau butuh bantuan pengecekan saldo, kalian bisa langsung menghubungi kontak resmi Halo BCA di 1500888 untuk meminta ditindaklanjuti.

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan mengenai Cara Screenshot Bukti Transfer BCA. Kunjungi artikel menarik lainnya di Cara Transfer BCA Ke Paypal.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang