Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

2 Cara Transfer BCA Ke DKI Dan Kode Transfer

3 min read

Cara Transfer BCA Ke DKI

Kebutuhan Cara Transfer BCA Ke DKI kini semakin meningkat. Terlebih lagi Bank BCA juga menyediakan fitur transaksi transfer tanpa harus menemui teller secara langsung. Jadi, kalian tidak perlu antri di kantor cabang jika ingin mengirim uang ke keluarga, kawan maupun rekan.

Bagi pembaca yang ingin melakukan transfer dari Bank BCA ke bank lain khususnya Bank DKI, pada artikel ini akan disediakan panduan yang bisa kalian tiru. 

Adapun untuk prosedur dari Cara Transfer BCA Ke DKI sendiri dapat kalian simak selengkapnya pada pembahasan dibawah ini.

Kode Transfer Bank DKI

Cara Transfer BCA Ke DKI

Sebelum memulai proses Cara Transfer BCA Ke DKI, penting untuk mengetahui kode transfer Bank DKI. Kode ini adalah identifikasi unik untuk Bank DKI yang digunakan saat mentransfer dana.

Untuk kode Bank DKI sendiri adalah 111. Pastikan nasabah mencatat kode ini dengan benar untuk memastikan transaksi yang dilakukan berjalan lancar.

Rangkaian angka yang merupakan bagian dari kode transfer Bank DKI tersebut memiliki fungsi yang tidak tergantikan demi keamanan transaksi.

Pasalnya, kode tersebut berguna untuk mengidentifikasi bank penerbit rekening yang akan dituju. Sehingga, dana yang dikirimkan akan berakhir di rekening penerima, bukan milik orang lain. 

Hal ini juga akan memastikan pencatatan transaksi secara tepat sebagai bukti jika kalian perlu menyanggah pengiriman uang yang tidak diketahui, namun tiba-tiba muncul di mutasi rekeningmu.

Cara Transfer BCA Ke DKI

Sama saat melakukan prosedur dari Cara Transfer BCA Ke Neo Bank, saat melakukan tahapan dari Cara Transfer BCA Ke DKI juga terdapat beberapa opsi metode yang dapat kalian pilih.

Namun pada pembahasan kali ini kita hanya akan sampaikan metode melalui mesin ATM dan aplikasi mobile banking saja. Berikut untuk langkah-langkah selengkapnya :

1. Cara Transfer BCA Ke DKI lewat ATM

Cara Transfer BCA Ke DKI

Metode pertama dan paling umum digunakan untuk mentransfer uang ke bank lain atau antar bank adalah melalui mesin ATM. Berikut tahapannya : 

  • Pertama, masukkan kartu ke ATM BCA
  • Tekan 6 digit PIN ATM BCA milik pengguna
  • Pilih “Transaksi Lainnya” untuk mengirim uang
  • Klik “Transfer” kemudian klik “Ke Rek Bank Lain”
  • Masukkan kode bank dan selanjutnya klik “Benar”
  • Masukkan nominal uang yang ingin ditransfer
  • Lanjut masukkan no rekening DKI penerima
  • Tunggu beberapa saat agar ATM memproses permintaanmu

2. Cara Transfer BCA Ke DKI lewat Mobile Banking

Layaknya melakukan prosedur dari Cara Transfer BCA Ke BPD Bali Lewat M Banking, nantinya nasabah akan dikenakan bisa admin dalam prosesnya. Berikut untuk tahapan lengkapnya : 

  1. Pertama, pilih menu “m-BCA”  
  2. Klik menu “m-Transfer” 
  3. Kemudian klik “Antar Bank” 
  4. Masukkan kode bank + no rekening tujuan
  5. Input juga jumlah uang yang akan dikirim
  6. Masukkan PIN m-BCA dan tekan “kirim”
  7. Pastikan data-data transaksi sudah benar
  8. Jika benar, tekan “OK/YES”
  9. Terakhir, masukkan PIN m-BCA

Penyebab Umum Anda Gagal Melakukan Transfer Antar Bank

Cara Transfer BCA Ke DKI

Saat melakukan Cara Transfer BCA Ke DKI, tidak jarang di antara nasabah yang mengalami kegagalan. Tentu hal ini cukup menyebalkan dan seringkali membuat panik bukan ?

Oleh karena itu, agar kita terhindar dari kegagalan transfer uang, pembaca perlu mengetahui apa saja hal-hal yang bisa menyebabkan gagal transfer antar bank. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal yang seringkali menjadi penyebab dari kegagalan transfer antar bank :

1. Kode Bank Salah

Sudah sempat disinggung di awal pembahasan jika saat proses transfer uang, terutama jika bank penerima dan pengirimnya berbeda, maka akan ada kode bank yang wajib dimasukkan oleh pengirim. 

Jika gagal melakukan proses transfer uang, maka ada kemungkinan bahwa nasabah salah memasukkan kode bank dari rekening yang dituju.

Jadi, sebelum mentransfer uang, pastikan jika kode bank yang dimasukkan sudah benar. Jika tidak mengetahui kode transfer bank, silahkan cari tahu terlebih dahulu dengan mencarinya melalui internet.

2. Gangguan Sistem

Setiap harinya, sistem perbankan melayani transaksi yang tidak terhingga jumlahnya. Oleh sebab itu, terkadang gangguan sistem dapat menyebabkan kegagalan aktivitas transfer uang.

Gangguan sistem sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu contohnya yakni jaringan ATM yang mati karena membutuhkan perbaikan/maintenance.

Namun, dalam situasi ini, biasanya pihak perbankan akan memberitahu informasi kepada nasabah jika terdapat gangguan pada sistem.

3. No Rekening Tujuan Salah

Kesalahan memasukkan no rekening tujuan adalah kemungkinan lainnya dari penyebab gagalnya transfer antar bank. 

Setiap transaksi dengan data yang tidak sesuai tentu saja tidak akan dapat diproses, termasuk saat nasabah salah memasukkan no rekening yang dituju.

Jadi, untuk menghindari kesalahan tersebut, sebelum melakukan transfer selalu pastikan bahwa no rekening penerima sudah benar. 

4. Melebihi Batas Transfer Harian

Penyebab lainnya yang bisa menyebabkan gagalnya transfer antar bank adalah limit harian. Beberapa jenis tabungan memang membatasi limit transfer harian, misalnya maksimal Rp 10 juta dalam sehari.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya kalian perhatikan ketentuan-ketentuan apa saja yang diberlakukan oleh bank pada jenis tabungan yang kalian miliki, khususnya perihal batas transfer.

5. Saldo di Rekening Tidak Cukup

Jika saldo di rekening tidak cukup, sudah pasti nasabah tidak akan bisa melakukan transfer. Terlebih lagi, mayoritas bank seperti BCA juga menerapkan aturan minimal saldo pada rekening.

Hal ini berguna agar nasabahnya tidak dapat menghabiskan semua uang yang ada di rekening tersebut. Meski jumlah kekurangannya sedikit, hal ini tetap akan menyebabkan kegagalan transfer uang. 

Oleh sebab itu, sebelum melakukan Cara Transfer BCA Ke DKI, ada baiknya jika memeriksa terlebih dahulu nominal saldo yang kalian miliki.

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan mengenai Cara Transfer BCA Ke DKI. Sekian dan terimakasih.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang