Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

3 Jenis Kredit BCA Lengkap dan Kelebihannya Terbaru

3 min read

3 Jenis Kredit BCA Lengkap dan Kelebihannya Terbaru

Terdapat beberapa Jenis Kredit BCA yang bisa menjadi pilihan nasabah, mulai dari KPR BCA, KKB BCA, KTA BCA, dan lain sebagainya. Tentu saja dari masing-masing jenis kredit BCA tersebut memiliki syarat, ketentuan dan keuntungan yang berbeda-beda.

Dengan mengetahui informasi tersebut, masyarakat bisa memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mereka.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas secara detail mengenai jenis kredit BCA beserta informasi lainnya. Jadi, pastikan kalian menyimak uraian dibawah ini hingga akhir.

Jenis Kredit BCA

Bagi kalian yang membutuhkan dana darurat secepatnya, maka pinjaman di bank bisa jadi pilihan terbaik. Salah bank yang menawarkan berbagai jenis pinjaman adalah Bank BCA.

Pinjaman ini bertujuan untuk membantu masyarakat untuk memperoleh akses keuangan yang lebih mudah, terlebih dalam mengatasi kebutuhan finansial yang mendesak.

Adapun berikut jenis-jenis pinjaman Bank BCA yang perlu kalian ketahui : 

KPR BCA

Jenis Kredit BCA

Apakah kalian ingin memiliki rumah pribadi namun dananya belum mencukupi? Tenang saja karena di BCA telah menyediakan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah yang bisa kalian pilih.

Jenis Kredit BCA yang ini bisa kalian gunakan untuk membeli rumah maupun ruko dalam segala kondisi baik baru maupun bekas atau second.

Tidak hanya itu, KPR BCA juga dapat memfasilitasi renovasi rumah dan kebutuhan lainnya. Berikut beberapa keunggulan dari KPR BCA :

  • Berbagai pilihan untuk suku bunga dan fitur
  • Kredit yang ringan.
  • Suku bunga floating yang stabil.
  • Bebas pinalti untuk jangka waktu 1-2 tahun.
  • Bisa melakukan top up pinjaman 

Jika kalian tertarik dengan Jenis kredit BCA yang satu ini, silahkan simak Cara Kredit Pemilikan Rumah BCA (KPR)

KKB BCA

Jenis Kredit BCA

Kredit kendaraan bermotor atau yang biasa dikenal dengan KKB adalah pendanaan yang diberikan oleh bank agar masyarakat bisa memiliki kendaraan bermotor, khususnya mobil.

Ada beberapa kelebihan yang membuat KKB menjadi pilihan yang menarik. Pertama, karena suku bunga yang diberikan umumnya lebih rendah jika dibanding dengan jenis pembiayaan lainnya. 

KKB juga memberikan fleksibilitas yang tinggi. Sehingga kalian dapat menyesuaikan jumlah pinjaman dan tenor waktu pembayaran sesuai dengan kondisi keuangan pribadi. 

Jika pembaca masih penasaran dengan produk yang satu ini, silahkan kunjungi artikel Apa Itu KKB BCA.

KTA BCA

Jenis Kredit BCA

Seperti lembaga perbankan yang lainnya, Bank BCA juga memiliki jenis kredit BCA tanpa agunan atau jaminan yang banyak peminatnya.

Pinjaman jenis ini bisa kalian gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti keperluan bayar sekolah, pernikahan, modal kerja hingga biaya rumah sakit.

Adapun jumlah pinjaman yang bisa diberikan sampai dengan Rp100.000 dengan tenor waktu untuk pelunasan maksimal 12 bulan.

Lantas bagaimanakah prosedur pengajuannya ? Silahkan kunjungi Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan BCA untuk informasi selengkapnya.

Bunga Kredit Bank BCA

Layaknya bank lainnya, setiap tahunnya jenis pinjaman BCA memiliki suku bunga yang berbeda-beda. Hal ini dapat tergantung dari naik turunnya suku bunga acuan BI.

Nah berikut ini adalah Suku Bunga Pinjaman Bank BCA tahun 2024 yang bisa kalian jadikan sebagai  acuan : 

  • Suku Bunga pinjaman BCA : 1 % flat/bulan untuk 12 bulan, 1.03 % flat/bulan untuk 24 bulan, 1.07% flat/bulan untuk 36 bulan
  • Jangka waktu : 12, 24, 36 bulan
  • Plafon pinjaman : Rp 5 juta – Rp 100 juta
  • Asuransi : 0.363% untuk 12 bulan, 0.693% untuk 24 bulan, dan 1.020% untuk 36 bulan
  • Biaya provisi : 1 % dari pengajuan pinjaman yang sudah disetujui
  • Biaya pelunasan : Rp 200.000 dan bisa dilakukan jika sudah melakukan 6x pembayaran angsuran
  • Denda keterlambatan : 0.28 % per hari dari tanggungan cicilan
  • Rasio angsuran : 1/3 x gaji
  • Rasio plafon maksimal : 3x take home pay atau THP.

Cara Mengajukan Pinjaman BCA

Jenis Kredit BCA dan bunganya tadi sudah kita bahas. Selanjutnya untuk proses pengajuannya sendiri, kalian bisa mengakses aplikasi mobile banking BCA dengan prosedur : 

  1. Buka akses aplikasi BCA Mobile di ponsel.
  2. Langkah selanjutnya, pilih menu “Info BCA”
  3. Kalian akan diarahkan ke situs web BCA 
  4. Pilih menu Produk dan klik menu “Pinjaman Individual”
  5. Pilih jenis pinjaman yang ada sesuai kebutuhanmu
  6. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Ajukan Sekarang”
  7. Lalu nasabah akan diarahkan ke Form Pengajuan
  8. Lengkapi data diri seperti nama, no KTP, dan tanggal lahir.
  9. Klik bagian ‘Captcha” dan pilih tombol “Kirim”

Jika masih bingung dengan prosedur di atas, kalian bisa menghubungi pihak Bank BCA di nomor 1500888 atau di nomor 08111500998.

Tips Mengajukan Pinjaman Bank BCA

Setelah mengetahui prosedur pengajuannya, perlu diketahui juga bahwa terdapat tips untuk mengajukan pinjaman Bank BCA agar kalian cepat lolos. Berikut diantaranya : 

Jangan Mengambil Pinjaman Melebihi Rasio Plafon Maksimal

Untuk mengajukan pinjaman, ada baiknya agar tidak mengambil dalam jumlah yang besar. Sebab kalian perlu mempertimbangkan rasio maksimal yang sudah ditentukan dalam mengajukan pinjaman. 

BCA sendiri akan menetapkan rasio plafon maksimal dengan plafon kredit 4x take home pay sehingga dengan gaji Rp5.000.000 hanya dapat mengambil pinjaman maksimal Rp 20.000.000.

Memilih Besaran Pinjaman dan Jangka Waktu yang Sesuai

Saat mengajukan pinjaman kredit di BCA tidak hanya didasarkan pada maksimal plafon kredit namun  kalian juga perlu memperhatikan besaran rasio cicilan. 

Karena pembayaran cicilan akan ditambahkan dengan bunga pinjaman BCA, idealnya kalian mengajukan pinjaman dengan besaran cicilannya 30% dari penerimaan gaji tiap bulan.

Memastikan Kolektibilitas Kredit Dalam Keadaan Baik

Pengajuan pinjaman kredit dari bank manapun tentu akan melakukan kolektibilitas kredit terlebih dahulu apakah calon peminjam dalam keadaan baik ataupun tidak. 

Jika dilihat dari pembayaran kredit sebelumnya macet dan banyak yang belum terbayarkan, maka kredit yang akan kalian ajukan kemungkinan ditolak.

Itulah beberapa Jenis Kredit BCA. Untuk informasi tambahan, silahkan kunjungi artikel kami lainnya yakni Kartu Kredit BCA untuk Pemula.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang