Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Tabunganku BCA Bisa M Banking Atau Tidak ? Ini Jawabannya

3 min read

Tabunganku BCA Bisa M Banking

Banyak diantara nasabah yang mempertanyakan Tabunganku BCA bisa m banking atau tidak. Kita ketahui sendiri bahwa setiap jenis simpanan bank BCA memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk dengan TabunganKu BCA.

Nah, dibawah ini kami akan memberikan informasi seputar apakah Tabunganku BCA bisa m banking beserta informasi penting lainnya seputar produk TabunganKu.

Apa Itu TabunganKu BCA ?

Tabunganku BCA Bisa M Banking

Sebelum membahas topik utama perihal Tabunganku BCA bisa m banking, simak terlebih dahulu perihal apa itu tabunganKu BCA.

TabunganKu BCA merupakan produk tabungan perorangan dari bank BCA yang hadir dengan persyaratan mudah serta dibebaskan dari biaya administrasi bulanan. 

Tak hanya Bank BCA saja, namun produk TabunganKu juga ditawarkan oleh hampir seluruh lembaga perbankan nasional yang beroperasi di Indonesia.

Yang berguna dalam rangka mendukung kampanye menabung yang dimaklumatkan oleh Pemerintah Indonesia dan BI (Bank Indonesia).

Dengan adanya program ini tentu dapat menjadi solusi bagi kebanyakan masyarakat kecil di Indonesia yang enggan untuk menabung.

Biasanya kebanyakan dari mereka enggan karena biaya admin bulanan di bank-bank umum justru lebih tinggi jika dibandingkan bunga yang diperoleh.

Fitur TabunganKu BCA

Perlu diketahui bahwa produk tabunganKu hadir dengan 2 fitur, yakni Standard dan Customized. Fitur inilah yang menjadi pembeda antara produk TabunganKu bank satu dengan bank lainnya.

Untuk jenis TabunganKu Standard, fiturnya sudah diatur sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia. Sehingga bank yang menyediakan produk ini tidak bisa mengurangi fitur standar yang diberlakukan.

Sedangkan untuk jenis Customized, fiturnya sudah disesuaikan dan diperbarui oleh pihak perbankan itu sendiri sehingga ada penambahan fitur lain dari pihak bank tersebut.

Untuk TabunganKu BCA sendiri menerapkan fitur Customized sehingga para nasabahnya tidak hanya diberi buku tabungan namun juga kartu ATM. 

Dengan demikian, para nasabahnya bisa melakukan transaksi ke sesama rekening BCA melalui mesin ATM yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Tabunganku BCA Bisa M Banking ?

Tabunganku BCA Bisa M Banking

Karena sudah dibekali buku tabungan dan kartu ATM, lantas apakah nasabah TabunganKu BCA bisa m banking ? Pertanyaan tersebut seringkali muncul bagi mereka yang tertarik untuk mencoba produk ini.

Perlu diketahui bahwa TabunganKu BCA tidak mendapatkan fitur m-banking. Hal ini dapat didukung dalam peraturan yang tercantum di produk tabunganKu berikut : 

  1. Adanya limit jumlah transaksi debet yaitu sebanyak 4x dalam 1 bulan. Jika lebih dari itu, maka akan dikenai biaya sebesar Rp 2.500 per transaksinya.
  2. Limit transfer tabunganKu BCA sebesar Rp 25 juta.
  3. Jika dalam jangka waktu 6 bulan rekening tidak aktif, maka status rekening berubah menjadi non aktif. Untuk mengaktifkannya kembali, kunjungi kantor BCA terdekat dengan membayar denda sebesar Rp2.000 per bulan sejak rekening tersebut berstatus dormant.
  4. Tidak bisa digunakan untuk debit belanja.
  5. Tidak ada fasilitas m-banking, SMS banking, dan internet banking BCA.

Jadi dari pertanyaan Tabunganku BCA bisa m banking atau tidak, maka jawabannya tidak. Sehingga jika ingin melakukan transaksi, para nasabah bisa menggunakan mesin ATM BCA.

Dari jawaban Tabunganku BCA bisa m banking atau tidak tersebut, maka bisa kita simpulkan bahwa ini adalah satu Kekurangan Tabunganku BCA.

Apakah TabunganKu BCA Dapat Menerima Transfer Dari Bank Lain?

Setelah mengetahui jawaban Tabunganku BCA bisa m banking atau tidak, banyak juga di antara nasabah yang menanyakan apakah TabunganKu BCA ini bisa menerima transfer ?

Untuk jawabannya produk TabunganKu ini dapat digunakan untuk kegiatan menerima transfer uang baik dari sesama pengguna BCA maupun dari lain bank. 

Selain itu, TabunganKu BCA ini juga bisa digunakan untuk keperluan perbankan lainnya seperti tarik tunai, hingga cek saldo. Tentunya lewat mesin ATM BCA.  

Yang menjadi kekurangannya, meskipun layanan ini bisa menerima transfer dari bank lain, namun TabunganKu BCA tidak dapat kirim saldo ke bank lain.

Cara Membuka TabunganKu BCA 

Tabunganku BCA Bisa M Banking

Jika dalam jawaban 2 pertanyaan di atas, kalian tetap tertarik untuk mencoba produk TabunganKu BCA, maka terlebih dahulu lengkapi syarat dibawah ini terlebih dahulu :

  • Nasabah perorangan
  • Khusus Warga Negara Indonesia
  • Mengisi form pembukaan rekening
  • Tidak dikenakan biaya materai

Selain itu, siapkan pula dokumen berikut : 

  • Perorangan (Dewasa ≥ 17 tahun) membawa KTP, NPWP.
  • Perorangan Belum Dewasa (< 12 tahun) membawa KTP orang tua, NPWP orangtua, akta kelahiran/ kartu identitas anak. 
  • Perorangan Belum Dewasa yang diwakili Wali membawa KTP wali, NPWP wali, Surat Penetapan Pengangkatan Wali dan Berita Acara Sumpah Wali dari Balai Harta Peninggalan (BHP).
  • Perorangan Belum Dewasa yang Tidak Diwakili (12- <17 tahun) membawa Dokumen identitas yang mencantumkan NIK, KTP orangtua, NPWP orangtua, dan surat pernyataan orang tua. 

Jika semua persyaratan tersebut sudah kalian lengkapi, silahkan lakukan pembukaan rekening TabunganKu BCA dengan mengunjungi langsung ke Kantor Cabang BCA terdekat di wilayahmu.

Adapun untuk tahapan lengkapnya sebenarnya sama saja dengan cara buka tabungan BCA yang lainnya. Berikut tahapan lengkapnya : 

  1. Pertama, kunjungi Kantor Cabang BCA terdekat
  2. Ambil no antrian dan tunggu hingga giliran kalian dipanggil 
  3. Setelah dipanggil, pergi ke bagian Customer Service (CS) 
  4. Utarakan ke petugas CS jika hendak membuka rekening TabunganKu BCA
  5. Lalu serahkan semua dokumen persyaratan yang diperlukan
  6. CS akan menjelaskan informasi terkait ATM BCA TabunganKu
  7. Jika semua prosedur sudah dilakukan, CS akan memproses pembuatan rekening 
  8. Selanjutnya buatlah PIN dan tandatangani formulir yang diberikan CS
  9. Terakhir kalian akan menerima buku tabungan dan kartu ATM.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Tabunganku BCA bisa m banking atau tidak. Semoga dengan artikel ini bisa menjawab permasalahan yang nasabah alami.

Buat kalian yang mau tahu lebih banyak lagi tentang tabungan bank BCA, bisa kunjungi artikel kami yang lainnya yaitu Keuntungan Tabungan BCA.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang