Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

ATM BCA: Keuntungan Dan Cara Menggunakannya Terupdate

3 min read

ATM BCA

ATM BCA menjadi salah satu alat transaksi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, dengan kartu ini nasabah bisa dengan mudah untuk melakukan berbagai jenis transaksi tanpa harus pergi ke kantor cabang BCA.

Kartu ATM bank BCA sendiri bisa kalian peroleh dengan syarat harus menjadi nasabah bank BCA. Artinya, masyarakat harus membuka rekening tabungan atau giro pada bank BCA terlebih dahulu.

ATM BCA

ATM BCA

Banyak lembaga perbankan umum baik konvensional maupun syariah di Indonesia yang telah menyediakan mesin-mesin ATM di berbagai wilayah cabangnya. Salah satunya adalah Bank BCA.

Dalam perkembangannya, Bank BCA senantiasa mengembangkan produk dan meningkatkan kualitas layanannya kepada para nasabahnya. 

Hal ini dapat ditunjukkan dengan semakin banyaknya unit-unit mesin ATM yang tersedia di berbagai titik strategis baik di pusat perbelanjaan, kampus, hingga tempat-tempat umum lainnya.

Pemberian fasilitas tersebut ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi para nasabah saat melakukan berbagai jenis transaksi keuangan.

Jika pembaca tertarik untuk memiliki ATM bank BCA ini silahkan ikuti prosedur dibawah ini : 

  1. Kunjungi ke Kantor BCA terdekat
  2. Ambil nomor antrian CS ke Satpam BCA
  3. Tunggu panggilan no antrian ke CS
  4. Sampaikan bahwa ingin membuka rekening baru
  5. Isi formulir buka rekening BCA dari CS
  6. Terakhir, bayar pembuatan kartu ATM

Namun jika kalian tidak punya cukup waktu untuk membuat kartu ATM secara offline, tenang saja karena ada cara lainnya yang bisa dilakukan. Kunjungi Cara Bikin ATM BCA Online Gratis untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Layaknya lembaga perbankan lainnya, bank BCA juga telah menyediakan beberapa pilihan kartu ATM miliknya. Berikut diantaranya :

  1. Kartu ATM BCA Silver atau Blue
  2. Kartu ATM BCA Gold 
  3. Kartu ATM BCA Platinum
  4. Kartu ATM Tahapan Xpresi BCA 
  5. Kartu ATM TabunganKu BCA
  6. Kartu ATM Simpel (Simpanan Pelajar)
  7. Kartu ATM LAKU BCA
  8. Kartu ATM BCA Dollar

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai Jenis Kartu ATM BCA, silahkan klik link tersebut.

Keuntungan ATM BCA

ATM BCA

Selain dapat digunakan untuk bertransaksi seperti biasanya, ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh para pemilik jenis-jenis kartu ATM bank BCA dan limit transfernya yang berbeda-beda. 

Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Transaksi Internasional

Keuntungan pertama adalah kartu ATM bank BCA dapat digunakan untuk transaksi internasional. Namun perlu diperhatikan bahwa ketentuan ini hanya untuk kartu jenis Mastercard saja ya.

2. Pembayaran tagihan keperluan rumah tangga

Membayar tagihan listrik, air hingga BPJS kini bisa kalian lakukan melalui ATM bank BCA. Fasilitas m banking sendiri bisa kalian dapatkan ketika kalian sudah membuka tabungan BCA.

4. Fasilitas ATM yang tersebar luas di seluruh Indonesia

Mesin ATM bank BCA sudah tersebar luas di seluruh Indonesia, sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi jika ingin melakukan penarikan tunai secara mendadak. 

Cara Menggunakan ATM BCA

ATM BCA

Terdapat beberapa langkah yang bisa nasabah lakukan untuk menarik uang tunai melalui mesin ATM. Berikut merupakan cara tarik uang di ATM bank BCA yang bisa kalian lakukan :

  1. Kunjungi mesin ATM bank BCA terdekat dan siapkan kartu ATM 
  2. Pilih mesin ATM dengan nominal uang yang tersedia 
  3. Jika sudah, silahkan masukkan kartu ATM ke slot mesin
  4. Silahkan pilih bahasa layanan, bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  5. Masukkan PIN ATM milikmu yang terdiri dari enam angka
  6. Pastikan kalian memasukkan angka dengan benar agar tidak terblokir
  7. Langkah berikutnya, silahkan pilih menu ‘Tarik Tunai’
  8. Kemudian pilih jumlah uang yang ingin ditarik
  9. Tunggu hingga mesin selesai memproses uang tunai tersebut
  10. Ambil kartu ATM dan uang tunai yang sudah berhasil keluar
  11. Cari tarik tunai menggunakan ATM bank BCA berhasil

Cara Ganti Kartu ATM Magnetic Stripe Menjadi Chip

Bank BCA selaku penerbit kartu ATM telah menggunakan teknologi chip pada kartu-kartu yang diedarkan. Penggunaan chip tersebut bertujuan agar transaksi di mesin ATM menjadi lebih aman.

Nah, jika kalian termasuk nasabah yang masih memegang kartu debit BCA tipe lama (Magnetic stripe), disarankan agar segera mengganti jenis kartu. 

Lagipula, kebijakan ini sudah diwajibkan sejak dulu. Jadi, kartu ATM dengan teknologi magnetic stripe tidak bisa lagi digunakan. Berikut cara ganti kartu ATM bank BCA magnetic stripe ke kartu chip :

1. Datang ke Kantor Cabang BCA Terdekat

Penggantian kartu debit non chip ke kartu debit chip bisa kalian lakukan di seluruh kantor cabang bank BCA di seluruh Indonesia.

2. Lewat Layanan CS Digital BCA

Selain melalui kantor cabang BCA, metode kedua yang bisa coba kalian lakukan adalah dengan melalui layanan CS digital BCA. Berikut prosedur lengkapnya : 

  1. Kunjungi mesin layanan CS Digital di kantor cabang BCA
  2. Klik “CS Digital” dan pilih menu kartu
  3. Kemudian cetak kartu dan klik “KTP elektronik”
  4. Verifikasi sidik jari, lanjut input nomor rekening
  5. Pilih kartu instan dan pilih “aktivasi PIN”
  6. Terakhir, mesin akan mengeluarkan kartu baru

3. Hubungi Halo BCA

Selain melalui 2 metode yang dijelaskan di atas, metode terakhir yang bisa coba kalian praktekkan yakni dengan menghubungi Halo BCA di nomor 1500888.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait ATM bank BCA beserta informasi terkait.

Jika kalian mengalami masalah kartu ATM BCA hilang, jangan khawatir karena cetak kartu ATM bisa dilakukan secara mandiri. Baca artikel Cara Cetak Kartu ATM BCA untuk penjelasan selengkapnya.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang