Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

2 Cara Cetak Kartu ATM BCA: CS Digital Dan CS Offline Terupdate

3 min read

Cara Cetak Kartu ATM BCA

Cara Cetak Kartu ATM BCA perlu diketahui bagi kalian yang mengalami masalah kartu ATM hilang. Hilangnya kartu ATM BCA sendiri bisa terjadi pada siapapun dan dapat disebabkan oleh banyak hal baik karena terselip maupun dicuri.

Hilangnya kartu ATM juga dapat mempersulit kegiatan transaksi perbankan. Meski sebagian orang sudah menggunakan mobile banking, namun nasabah tetap harus mengurusnya agar data tetap aman.

Untuk mengetahui jawaban dari bagaimanakah Cara Cetak Kartu ATM BCA, kalian bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Cetak Kartu ATM BCA

Cara Cetak Kartu ATM BCA

BCA atau Bank Central Asia adalah salah satu lembaga perbankan milik pemerintah Indonesia. Sebagai salah satu bank terpopuler di Indonesia, BCA memiliki banyak sekali nasabah yang tersebar di seluruh penjuru negeri. 

Tidak heran jika selalu ada yang menanyakan tentang Jenis Kartu ATM BCA. Untuk membuat ATM BCA sendiri, kalian bisa mengikuti prosedur konvensional atau dengan datang ke kantor cabang. 

Namun, kini BCA menyediakan opsi yang lebih efisien, yaitu metode online. Cara Bikin ATM BCA Online pun sangatlah praktis, bahkan kalian tidak harus datang ke kantor bank.

Lalu, bagaimanakah jika melakukan penggantian kartu ATM yang hilang atau tertelan ? Bagaimana langkah-langkah untuk melakukan Cara Cetak Kartu ATM BCA ?

Pembaca sebagai nasabah Bank Central Asia (BCA) memiliki 2 opsi untuk mencetak kartu ATM BCA. Berikut untuk beberapa opsi yang kami maksud : 

Cara Cetak Kartu ATM BCA melalui CS Digital

Cara Cetak Kartu ATM BCA

Cara Cetak Kartu ATM BCA yang pertama dapat nasabah lakukan yakni melalui CS Digital. Dengan layanan CS Digital, kalian mengurus berbagai keperluan terkait kartu ATM secara mandiri.

Tidak hanya keperluan untuk cetak kartu ATM saja, namun juga keperluan lainnya seperti mengganti kartu yang rusak atau kadaluarsa, hingga melakukan perubahan jenis kartu tanpa dipungut biaya admin.

Menariknya lagi CS digital BCA ini dapat diakses 24 jam lho. Namun layanan semacam ini hanya ada di lokasi-lokasi yang telah ditentukan saja.

Sementara untuk prosedur selengkapnya dari Cara Cetak Kartu ATM BCA, bisa kalian simak pada langkah-langka dibawah ini : 

  1. Cari daftar mesin CS Digital terdekat
  2. Jika sudah, kunjungi mesin CS Digital
  3. Klik salah satu bagian layar
  4. Kemudian klik menu “Kartu”
  5. Klik “Cetak kartu” dan lakukan Verifikasi 
  6. Lanjut pilih opsi “KTP elektronik”
  7. Lakukan tahapan verifikasi sidik jari
  8. Isi No Rekening dan klik “kartu instan”
  9. Masukkan aktivasi PIN PIN
  10. Tunggu hingga kartu ATM BCA baru muncul

Cara Cetak Kartu ATM BCA lewat CS offline

Cara Cetak Kartu ATM BCA

Selain melalui layanan CS Digital, ada 1 metode lagi yang bisa kalian coba yakni dengan mendatangi langsung kantor cabang bank BCA terdekat.

Cara ini banyak dipilih oleh nasabah yang ingin berbicara lebih intens dengan petugas bank BCA. Dibanding cara yang pertama yang mengharuskan kalian untuk melakukannya secara mandiri.

Sebelum pergi ke kantor cabang, silahkan siapkan syarat ketentuan dibawa ini : 

  1. Kartu ATM BCA yang lama 
  2. Buku rekening BCA
  3. KTP asli

Jika sudah menyiapkan beberapa syarat di atas, langkah selanjutnya bisa kalian ikuti prosedur dibawah ini : 

  1. Kunjungi kantor cabang BCA terdekat
  2. Ambil nomor antrian ke CS BCA
  3. Kemudian tunggu di antrian CS
  4. Pergi ke meja CS sesuai nomor antrian
  5. Sampaikan jika ingin mencetak kartu ATM 
  6. Tunggu CS lakukan penggantian kartu
  7. Lanjut bayar biaya kartu ATM BCA
  8. Buat PIN Baru atau PIN Lama
  9. Proses berhasil dilakukan

Biaya Ganti Kartu ATM BCA

Bank BCA memiliki beberapa Jenis Kartu ATM BCA yang berbeda. Oleh sebab itu, biaya ganti kartu ATM yang dikenakan dapat berbeda-beda tergantung dari kartu ATM yang nasabah gunakan.

Berikut detail lengkapnya : 

  • Ganti kartu Xpresi Blue: Rp10.000
  • Ganti kartu Xpresi Silver: Rp10.000
  • Ganti kartu Gold: Rp15.000
  • Ganti kartu Platinum: Rp20.000

Keuntungan Menggunakan ATM BCA

Terdapat banyak sekali keuntungan dari menggunakan mesin ATM BCA, berikut beberapa diantaranya : 

1. Transaksi lebih mudah

Keuntungan menggunakan ATM BCA yang pertama adalah transaksi menjadi lebih mudah. Melalui mesin ATM, kalian bisa bertransaksi tanpa harus mengunjungi kantor cabang dan mengantri di teller. 

Adapun jenis transaksi yang ditawarkan pun cukup bervariasi, mulai dari keperluan transfer, pengecekan saldo, bayar tagihan, hingga isi ulang saldo e-money.

Mesin dan kartu ATM sendiri dibuat agar nasabah BCA dapat memenuhi kebutuhan perbankan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk pergi ke kantor cabang.

2. Tersedia tarik dan setor tunai

Hampir segala jenis transaksi umum perbankan dapat dilakukan melalui mesin ATM. Selain untuk penarikan tunai, kini nasabah juga bisa melakukan penyetoran tunai.

Untuk opsi setor tunai sendiri, bentuk dan tampilan mesinnya berbeda dari mesin ATM konvensional. 

Di bagian depan mesin ada sebuah tempat untuk memasukkan uang tunai. Melalui mesin ini, kalian tak perlu lagi melakukan penyetoran melalui teller bank.

3. Bisa diakses 24 jam

Kebanyakan mesin ATM beroperasi selama 24 jam nonstop. Pun demikian dengan BCA. Kecuali memang sedang terdapat perbaikan atau gangguan jaringan. 

Tentu saja hal ini berbeda dengan jam operasional bank pada umumnya yang hanya buka mulai dari pukul 08:00-15:00 saja.

Terlebih lagi, kini mesin ATM BCA bisa kalian temui di mana-mana, tentu bertransaksi akan jauh lebih mudah dan praktis bukan ? 

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait beberapa Cara Cetak Kartu ATM BCA. Semoga dapat bermanfaat.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait beberapa Cara Cetak Kartu ATM BCA. Baca juga informasi penting lainnya seperti Jenis Kartu ATM BCA Xpresi.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang