Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

2 Cara Beli Obligasi di BCA Dan Syarat Terbaru 2024

3 min read

Cara Mencairkan Reksadana BCA

Cara Beli Obligasi di BCA adalah pembahasan yang sangat cocok bagi kalian yang sedang mencari instrumen investasi yang dapat memberikan potensi imbal hasil lebih menarik dibandingkan Reksadana BCA dan tingkat risiko yang relatif rendah dibanding Saham.

Untuk syaratnya sendiri, sebenarnya tidak ada syarat khusus yang dapat memberatkan nasabah. Nah, bagi kalian yang tertarik dan ingin belajar berinvestasi obligasi, Simak penjelasan mengenai Cara Beli Obligasi di BCA dibawah ini.

Obligasi BCA

Cara Mencairkan Reksadana BCA

Investasi adalah suatu cara untuk melindungi dan meningkatkan kekayaan. Nah beberapa jenis instrumen investasi yang cukup populer belakangan ini adalah Obligasi BCA.

Berbicara mengenai Obligasi BCA, investasi ini merupakan surat utang jangka menengah atau jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. 

Tujuan obligasi sendiri adalah untuk memberikan tingkat pertumbuhan nilai investasi dan resiko yang relatif stabil jika dibandingkan dengan Saham BCA.

Bank BCA menghadirkan Obligasi Pemerintah bagi nasabahnya, dimana obligasi jenis ini telah mendapat banyak kepercayaan publik.

Hal ini dikarenakan potensi mendapatkan cuan lebih besar dan juga dianggap memiliki risiko yang lebih rendah jika dibanding dengan instrumen investasi lain seperti saham. 

Ada pula jaminan pengembalian dana bagi yang berinvestasi di instrumen obligasi pemerintah sebagaimana diatur dalam Undang-Undang 24 Tahun 2002 terkait Surat Utang Negara.

Nah, jika kalian masih ingin mengetahui seluk beluk dari Obligasi milik bank BCA, silahkan kunjungi artikel Obligasi BCA yang juga membahas mengenai kelebihan serta kekurangannya.

Syarat Beli Obligasi di BCA

Besarnya keuntungan yang bisa didapatkan dari Obligasi BCA membuat banyak masyarakat yang berbondong-bondong beralih pada investasi yang satu ini.

Bagaimana dengan pembaca? Tentu kalian juga tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini bukan? Sama seperti Cara Investasi Reksadana BCA, ada hal penting yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu.

Hal penting yang harus kalian siapkan tersebut adalha terkait syarat ketentuannya.. Dengan memahaminya, maka cara beli obligasi di BCA dapat dilakukan dengan lancar.

Adapun berikut syarat ketentuannya : 

  • Identitas diri berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Memiliki rekening BCA (bukan joint account) 
  • Memiliki SID yang terdaftar di sistem BCA
  • Jika belum memiliki SID, silahkan urus di cabang BCA
  • Telah memiliki rekening yang terdaftar di BCA Kustodian
  • Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan 

Cara Beli Obligasi di BCA

Jika tertarik untuk memperoleh keuntungan dari investasi obligasi, lantas bagaimana cara beli obligasi di BCA ? Sebenarnya prosedurnya sendiri cukup mudah dilakukan oleh siapapun.

Sama halnya dengan Cara membeli Saham BCA dan Cara deposito BCA, untuk membeli obligasi di BCA juga terdapat dua opsi yang dapat kalian pilih. Yakni secara offline atau online.

Cara Beli Obligasi di BCA Secara Offline

Cara Beli Obligasi di BCA

Cara Beli Obligasi di BCA yang pertama dapat kalian lakukan yakni melalui kantor cabang konvensional BCA. Berikut tahapan yang bisa kalian ikuti : 

  1. Kunjungi kantor cabang konvensional BCA 
  2. Utarakan pada petugas terkait maksud pembelian obligasi
  3. Lakukan proses pendaftaran terlebih dahulu 
  4. Nantinya kalian akan memperoleh SID / identitas investor
  5. Setelah memperoleh SID, pembelian obligasi bisa segera dilakukan

Cara Beli Obligasi di BCA Secara Online

Jika kalian malas berkunjung atau tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke kantor cabang konvensional BCA, kalian dapat melakukannya secara online.

Dengan metode ini kalian bisa mempraktekannya baik dimanapun dan kapanpun. Adapun berikut beberapa aplikasi yang bisa kalian pilih : 

1. Welma BCA

Cara Beli Obligasi di BCA

Pertama kalian bisa melakukan pembelian ORI020 melalui Welma BCA. Bagi kalian yang belum mengetahui tutorialnya, kalian bisa simak di bawah ini.

  1. Pertama, buka akses aplikasi Welma di HP
  2. Lalu, masukkan UserID BCA dan password
  3. Setelah itu lakukan registrasi online 
  4. Ikuti instruksi yang diarahkan oleh sistem
  5. Langkah berikutnya lakukan pemesanan
  6. Baca syarat ketentuan dan memorandum terlebih dahulu
  7. Ikuti instruksi untuk melanjutkan pemesanan
  8. Lakukan pembayaran setelah pemesanan terverifikasi 
  9. Terakhir, bayar sesuai dengan no transaksi yang dilakukan

2. Klik BCA

Tidak hanya bisa melakukan pembelian Obligasi di aplikasi Welma BCA saj loh, kalian juga bisa memanfaatkan Klik BCA untuk membeli Obligasi tersebut. 

Nah bagi yang belum mengetahui tutorialnya, silahkan simak poin-poin berikut :

  1. Langkah pertama, login ke “KlikBCA” yang sudah terdaftar
  2. Jika ada masalah login, mintalah bantuan ke CS Bank BCA
  3. Selanjutnya, lakukan registrasi online SBN di KlikBCA
  4. Baca syarat ketentuan dan memorandum terlebih dahulu
  5. Jika sudah, segera lakukan pemesanan
  6. Lalu lakukan pembayaran melalui layanan KlikBCA 
  7. Terakhir, ikuti instruksi yang ada pada menu KBI

Setelah mengikuti beberapa metode dari Cara beli Obligasi di BCA baik secara offline atau online tersebut, maka sekarang kalian sudah sah menjadi investor. 

Tips untuk Berinvestasi dalam Obligasi BCA

Sebagai tambahan informasi, pada kesempatan kali ini kami juga akan sampaikan beberapa tips penting untuk berinvestasi dalam obligasi BCA. Berikut diantaranya : 

  • Kenali Risiko

Sebelum mulai berinvestasi, kenali terlebih dahulu risiko yang terkait dengan obligasi BCA dan pastikan bahwa kalian memahami tingkat risiko tersebut.

  • Perhatikan Kualitas Obligasi

Periksa peringkat kredit dari lembaga rating independen. Hal ini dapat berguna untuk mengetahui kualitas obligasi BCA yang akan kalian beli.

  • Diversifikasi Investasi

Jangan hanya mengandalkan 1 jenis investasi saja, termasuk obligasi BCA. Diverifikasikan portofolio kalian dengan berbagai instrumen investasi lainnya.

  • Pantau Pasar Sekunder

Jika ingin menjual kembali obligasi milikmu sebelum jatuh tempo, lakukan pemantauan harga di pasar sekunder agar kalian bisa menjualnya dengan harga yang menguntungkan.

  • Konsultasikan dengan Ahli Keuangan

Jika masih ragu atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, konsultasikan dengan ahli keuangan maupun penasihat investasi sebelum membuat keputusan investasi.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Cara beli Obligasi di BCA baik secara online atau offline. Sekian dan terimakasih.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang