Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

2 Cara Cek Transaksi Terakhir EDC BCA Terupdate

3 min read

Cara Cek Transaksi Terakhir EDC BCA

Apakah kalian ingin melakukan Cek Transaksi Terakhir EDC BCA ? Jika kalian memiliki bisnis retail maupun usaha lain yang menerima pembayaran dengan kartu debit dan kredit, maka Electronic Data Capture (EDC) merupakan alat yang sangat penting.

Dengan memahami langkah-langkah yang benar, tentu kalian akan dapat mengoptimalkan proses pembayaran kartu di bisnis milikmu bukan ? 

Buat pembaca yang belum bisa untuk Cek Transaksi Terakhir EDC BCA dari hari sebelumnya. Yuk simak langkah-langkah pengecekannya sebagai berikut.

Cek Transaksi Terakhir EDC BCA

Cara Cek Transaksi Terakhir EDC BCA

Sama saat melakukan Cara Settlement EDC BCA 2 Kali, Cek Transaksi Terakhir EDC BCA juga termasuk informasi yang penting. Terutama bagi para pemilik usaha yang menggunakan EDC BCA.

Pasalnya catatan riwayat transaksi ini bisa berguna untuk menjadi bukti bahwa transaksi yang dilakukan sudah berhasil.

Tidak hanya untuk transaksi terakhir saja, kalian juga bisa melihat transaksi terakhir pada periode yang lama sekalipun.

Cara Cek Transaksi Terakhir EDC BCA sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode. Kalian bisa cek penjelasannya berikut ini.

Cek Transaksi Terakhir EDC BCA Yang Terbaru

Cara Cek Transaksi Terakhir EDC bank BCA yang pertama yakni jika kalian sudah melewati masa transaksi tersebut namun masih baru saja terjadi.

Bagi mereka yang kebingungan bagaimana cara mencetaknya, perlu mengetahui ulasan lengkap mengenai informasi tersebut di bawah ini dengan seksama.

  1. Pastikan jika mesin EDC BCA terisi kertas untuk ngeprint
  2. Kemudian tekan tombol navigasi bawah
  3. Langkah selanjutnya, tekan tombol “Function” 
  4. Nantinya akan muncul “Number” di layar EDC
  5. Jika sudah, tekan angka “73” untuk melanjutkan prosesnya
  6. Langkah terakhir, tunggu mesin EDC BCA melakukan print transaksi terakhir 

Cek Transaksi Terakhir EDC BCA Yang Sudah Lewat Beberapa Hari

Cara Cek Transaksi Terakhir EDC BCA

Lalu bagaimanakah jika transaksi yang ingin kalian cek sudah terjadi beberapa jam dan bahkan sudah dalam hitungan hari ? 

Kalian tidak perlu khawatir akan hal itu, sebab mesin EDC BCA tetap menyimpan semua informasi transaksi yang pernah dilakukan.

Cara Cek Transaksi Terakhir EDC BCA yang kedua ini juga dapat menjadi solusi jika sebelumnya pengguna gagal mencetak bukti transaksi.

Berikut untuk prosedur selengkapnya : 

  1. Pastikan mesin EDC BCA sudah terisi kertas
  2. Tekan tombol menu yang berwarna hijau 
  3. Lanjut tekan navigasi ke atas atau ke bawah
  4. Kemudian pilih “Batch” dan tekan “OK”
  5. Lalu pilih “Review” dan tekan “OK”
  6. Pilih invoice yang akan di kalian print
  7. Pastikan invoice tersebut sudah benar
  8. Terakhir, tekan tombol “F3” untuk reprint

Cek Transaksi Terakhir EDC BCA Melalui Settlement

Cek Transaksi Terakhir EDC BCA ternyata juga bisa loh melalui Settlement. Bagi yang belum tahu, Settlement adalah proses akhir dalam transaksi dengan kartu debit dan kredit yang menggunakan EDC.

Berikut dibawah ini merupakan tahapan dari cara cek transaksi terakhir EDC BCA lewat proses settlement yang bisa kalian ikuti : 

  1. Pertama, pastikan jika kertas pada alat sudah terisi
  2. Tekanlah tombol berwarna hijau pada mesin EDC
  3. Jika proses sudah dilakukan, pilih “Settlement”
  4. Akan muncul tulisan untuk memasukkan kata sandi pada EDC
  5. Kemudian tekan saja angka “3636”
  6. Setelah itu, lanjut tekan tombol “Enter”
  7. Mesin akan melakukan print struk
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai

Masalah pada Perangkat EDC BCA

Cara Cek Transaksi Terakhir EDC BCA

Masalah teknis yang ada pada perangkat EDC BCA dapat menyebabkan kesulitan pengguna dalam melakukan prosedur C. Biasanya masalah-masalah tersebut seperti : 

1. Data Transaksi yang Tidak Lengkap

Data transaksi yang tidak valid atau tidak lengkap dapat menjadi penghambat utama dari proses settlement EDC BCA. 

Jadi, pastikan jika semua transaksi sudah diverifikasi dengan benar, termasuk nominal transaksi, jenis kartu, dan otorisasi pembayaran yang sesuai. 

Tak hanya itu, pastikan juga kelengkapan dokumen terkait transaksi seperti struk pembayaran dan bukti transaksi.

2. Limit Transaksi yang Sudah Terpenuhi

Setiap perangkat EDC BCA memiliki batas transaksi harian yang ditentukan. Jika limit transaksi sudah terpenuhi, maka Cek Transaksi EDC BCA tidak akan bisa dilakukan. 

Untuk itu, selalu pastikan untuk memantau limit transaksi harian dan melakukan pengaturan yang diperlukan untuk menghindari kendala yang satu ini.

3. Kendala pada Sistem BCA

Kendala teknis atau pemeliharaan sistem yang sedang dilakukan oleh pihak BCA juga bisa menyebabkan cek transaksi terakhir EDC BCA tidak dapat dilakukan. 

Dalam hal ini, pengguna perlu bersabar dan mencoba melakukan prosedur diatas kembali setelah sistem telah kembali normal.

4. Kegagalan Verifikasi atau Validasi Data

Proses verifikasi atau validasi data yang dilakukan oleh sistem BCA bisa menjadi faktor selanjutnya yang menyebabkan settlement EDC BCA tidak berhasil. 

Jika ada kesalahan pada data transaksi, maka sistem BCA akan menolak permintaan cek transaksi. Jadi, pastikan semua data transaksi sudah diverifikasi dengan cermat dan teliti.

5. Masalah pada Rekening atau Akun BCA

Saat ada masalah pada rekening atau akun BCA yang terhubung dengan mesin EDC BCA, cek transaksi terakhir juga tidak akan bisa dilakukan. 

Oleh karenanya, pastikan rekening BCA milikmu dalam kondisi aktif, tidak ada pemblokiran atau masalah lain yang bisa menghambat proses settlement.

Terima kasih telah menyimak pembahasan mengenai Cara Settlement EDC BCA 2 Kali. Semoga informasi yang disajikan dapat membantu pembaca dalam memaksimalkan operasional bisnis milikmu. 

Semua metode tersebut dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dari data transfer yang pengguna diperlukan. Kunjungi juga artikel lainnya di Kode Function Mesin EDC BCA.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang