Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

5 Cara Settlement EDC BCA 2 Kali Dan Syarat Terupdate 2024

2 min read

Cara Settlement EDC BCA 2 Kali

Cara settlement EDC BCA 2 kali pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah. Prosedur ini sendiri perlu kalian praktekkan untuk mencakup transaksi yang terjadi setelah settlement pertama dilakukan, sehingga dapat memastikan semua transaksi tercatat dengan benar. 

Meski terbilang mudah, namun banyak diantara pengguna yang kebingungan dengan langkah-langkahnya. Oleh sebab itu pada artikel ini akan disampaikan mengenai Cara settlement EDC BCA 2 kali sehingga dapat mengoptimalkan proses pembayaran kartu di bisnismu.

Syarat Settlement EDC BCA 2 Kali

Cara Settlement EDC BCA 2 Kali

Settlement merupakan proses penting dalam transaksi pembayaran dengan kartu debit atau kredit yang dilakukan di mesin EDC BCA. 

Proses ini melibatkan transfer dana dari bank penerbit kartu ke rekening pemilik usaha. Dalam kata lain, ini seperti menyelesaikan pembayaran pelanggan yang menggunakan kartu.

Settlement sendiri dilakukan sekali dalam sehari, namun dalam beberapa situasi, settlement kedua juga diperlukan. 

Biasanya ini dilakukan jika kalian memiliki pelanggan yang melakukan pembayaran setelah settlement pertama dilakukan, nah transaksi tersebut akan dicatat dan membutuhkan settlement kedua.

Dengan melakukan settlement kedua, pemilik usaha dapat memastikan bahwa semua transaksi sudah tercatat dan dana sudah masuk ke rekening milikmu.

Lantas bagaimanakah Cara Settlement EDC BCA 2 Kali ? Nah sebelum beralih pada topik tersebut, perlu bagi kalian untuk mengetahui beberapa syarat ketentuan dibawah ini : 

Menjadi Merchant BCA

Hanya merchant yang sudah menjalin kerjasama dengan BCA dan telah memiliki mesin EDC BCA saja yang dapat melakukan settlement 2x sehari. 

Jadi sebelum melakukan prosedur yang ada, pastikan bahwa kalian telah mendaftar dan memenuhi persyaratan menjadi merchant resmi.

Akses Ke Mesin EDC

Pastikan pemilik usaha sudah memiliki akses fisik ke mesin EDC BCA. Karena ini memungkinkan pengguna untuk melakukan langkah-langkah dalam proses settlement.

Akses Internet

Untuk melakukan settlement, pastikan jika mesin EDC milikmu sudah terhubung dengan akses internet yang stabil. Koneksi yang baik dapat memastikan data transaksi tersinkronisasi dengan baik.

Cara Settlement EDC BCA 2 Kali

Cara Settlement EDC BCA 2 Kali

Setelah pembaca sudah mengetahui syarat ketentuan yang harus disiapkan, kini kalian bisa mengikuti langkah-langkah untuk melakukan Cara settlement EDC BCA 2 kali.

Jangan khawatir, karena prosedurnya terbilang mudah dan praktis untuk dipraktekkan. Berikut untuk tahapan dari Cara settlement EDC BCA 2 kali : 

1. Pilih Menu Authorisation Only

Tahapan pertama dalam melakukan reprint ulang di mesin EDC BCA 2 kali yakni dengan melakukan transaksi menggunakan mesin EDC BCA seperti biasa.

Pada transaksi ini, silahkan pilihlah opsi “Authorisation Only” yang ada di layar mesin EDC BCA bukannya opsi “Authorisation and Capture”.

Pilihan ini berfungsi untuk mengirim data transaksi ke BCA tanpa perlu menarik dana dari rekening pelanggan. Dengan demikian, transaksi tidak akan ter settlement secara otomatis.

2. Lakukan settlement pertama

Setelah kalian melakukan transaksi dengan opsi “Authorisation Only”, pemilik usaha harus melakukan settlement pertama. 

Tahapannya adalah dengan menekan tombol “menu” pada mesin EDC BCA, memilih opsi “settlement”, dan memasukkan kata sandi.

Mesin EDC BCA akan mengirim data transaksi ke BCA dan mencetak struk transaksi sebagai bukti. Struk tersebut harus disimpan sebagai dokumen pendukung.

3. Verifikasi settlement pertama

Setelah melakukan settlement yang pertama, pemilik usaha harus memastikan bahwa settlement yang pertama berhasil. Caranya yakni dengan mengecek rekening bisnis dan rekening pelanggan.

Pastikan jika dana dari rekening pelanggan sudah dipindahkan ke rekening bisnis sesuai dengan nominal transaksi. Jika ada kesalahan, segera hubungi BCA untuk mendapatkan bantuan.

4. Lakukan settlement kedua

Setelah settlement pertama berhasil, pemilik usaha bisa lakukan settlement kedua dengan menghubungi layanan pelanggan BCA dan menyampaikan permintaan untuk settlement kedua.

Silahkan sertakan juga bukti transaksi, seperti struk, faktur, maupun laporan settlement. Layanan pelanggan BCA akan membantumu untuk memproses permintaan dan memberikan konfirmasi.

5. Verifikasi settlement kedua

Setelah melakukan settlement kedua, langkah selanjutnya kalian bisa mengecek rekening bisnis dan rekening pelanggan.

Pastikan jika dana dari rekening pelanggan tidak ditarik 2x oleh BCA. Jika ada perbedaan,, segera hubungi BCA untuk mendapatkan bantuan.

Keuntungan Melakukan Settlement EDC BCA 2 Kali

Cara Settlement EDC BCA 2 Kali

Tak hanya saat melakukan Cek Transaksi Terakhir EDC BCA saja yang memiliki keuntungan bagi pemilik usaha, pun demikian saat kalian melakukan Cara Settlement EDC BCA 2 Kali.

Adapun beberapa keuntungan yang kami maksud adalah sebagai berikut : 

1. Memastikan Transaksi Terproses dengan Benar

Dengan melakukan Settlement EDC BCA 2 Kali, merchant bisa memastikan bahwa transaksi yang dilakukan oleh pelanggan sudah terproses dengan benar dan uang sudah masuk ke rekening merchant.

2. Menghindari Keterlambatan Pembayaran

Dengan melakukan Cara settlement EDC BCA 2 kali, pemilik usaha bisa menghindari keterlambatan pembayaran kepada bank. Hal ini bisa mengurangi risiko denda atau sanksi dari bank.

3. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Dengan melakukan settlement EDC BCA 2 kali, merchant bisa meningkatkan reputasi bisnis. Karena pelanggan akan merasa lebih percaya saat melakukan transaksi dengan merchant yang bereputasi baik.

Demikianlah uraian yang dapat disampaikan. Pastikan untuk mengikuti panduan Cara Settlement EDC BCA 2 Kali di atas dan segera hubungi pihak BCA jika terjadi masalah settlement EDC BCA 2 kali.

Ikuti juga informasi menarik lainnya seperti Kode Function Mesin EDC BCA bagi kalian yang termasuk pengguna pemula mesin EDC BCA.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang