Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

10+ Cara Memasukkan Uang Ke ATM BCA Dan Syarat

3 min read

Cara Memasukkan Uang ke ATM BCA

Cara Memasukkan Uang ke ATM BCA pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah. Untuk mesin yang digunakan untuk melakukan setor tunai sendiri berbeda dari mesin biasa untuk mengambil uang tunai, hal ini karena mesin yang biasanya tidak dapat digunakan untuk menaruh uang tersebut.

Adanya layanan setor tunai di mesin ATM memang sangat memudahkan bagi banyak nasabah dari berbagai lembaga perbankan di tanah air termasuk Bank BCA.

Meski demikian, banyak di antara nasabah yang hingga kini tidak tau prosedur dari Cara Memasukkan Uang Ke ATM BCA lho.

Jika pembaca termasuk salah satu diantara nasabah tersebut, maka kalian berada di artikel yang tepat. Untuk itu, simak baik uraian dibawah ini ya.

Syarat Memasukkan Uang Ke ATM BCA

Cara Memasukkan Uang ke ATM BCA

Bank BCA atau Bank Central Asia sebagai salah satu lembaga perbankan terbesar di Indonesia telah menyediakan berbagai layanan perbankan, termasuk setor tunai.

Setor tunai melalui anjungan tunai mandiri (ATM) sendiri menjadi salah satu layanan perbankan milik bank BCA yang digemari nasabah.

Sebab, nasabah tidak perlu repot-repot berkunjung ke kantor cabang atau kantor pusat dan mengantri di teller. Cukup dengan mengunjungi ATM setor tunai, uang pun bisa langsung masuk ke rekening.

Lantas bagaimanakah Cara memasukkan uang ke ATM BCA ? Nah sebelum pada proses tersebut ada beberapa hal penting yang wajib pembaca ketahui.

  • Transaksi setor tunai di ATM BCA dibatasi limit dengan besaran yang berbeda-beda, Untuk BCA Blue limitnya Rp50 juta per hari, BCA Gold limitnya Rp80 juta per hari, BCA Tapres limitnya Rp80 juta per hari BCA Xpresi Rp30 juta per hari dan BCA Platinum Rp 100 juta.
  • Uang yang disetorkan melalui mesin ATM akan secara real time terkredit ke rekeningmu 
  • Mesin ATM setor tunai hanya menerima pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 
  • Uang yang disetorkan harus dalam keadaan baik. Tidak boleh basah, sobek, terlipat, di staples, diikat dengan karet dan tidak boleh palsu.

Cara Memasukkan Uang Ke ATM BCA

Cara Memasukkan Uang ke ATM BCA

Pada umumnya, melakukan prosedur dari Cara Memasukkan Uang ke ATM BCA hampir mirip di setiap bank, namun tidak semua bank menyediakan layanan setor tunai tanpa kartu. 

Adapun berikut langkah-langkah mudah untuk melakukan setor tunai BCA di ATM BCA : 

  1. Pertama, kunjungi ATM BCA terdekat 
  2. Lalu masukkan kartu ke slot mesin ATM
  3. Masukkan juga PIN kartu ATM BCA milikmu
  4. Di layar utama, pilih menu “Setoran Tunai“
  5. Tunggu box mesin ATM di bagian depan bawah terbuka
  6. Masukkan uang pecahan Rp50.000 atau Rp100.000
  7. Tunggu hingga ATM menghitung uang yang disetorkan
  8. Layar akan menunjukkan jumlah uang yang kalian masukkan
  9. Pastikan jumlah yang tertera di layar sudah sesuai
  10. Pilih rekening tujuan yang akan mendapatkan setoran tunai
  11. Pilih opsi “Rekening Anda” jika ingin ke rekening sendiri
  12. Lalu konfirmasi transaksi yang dilakukan
  13. Langkah selanjutnya tekan tombol “Setor“
  14. Selamat tansaksi setoran tunai sudah berhasil

Tentunya Cara Memasukkan Uang ke ATM BCA ini akan sangat membantu nasabah yang memiliki keterbatasan waktu bukan ?

Sebab melalui setor tunai lewat ATM akan memangkas beberapa waktu kalian dan tidak perlu lagi mengantri layaknya di teller bank.

Pada mesin ATM BCA tersebut kalian juga bisa lakukan aktivitas lainnya seperti contihnya Cara Cek Saldo ATM BCA.

Keuntungan Melakukan Setor Tunai Ke ATM BCA

Cara Memasukkan Uang ke ATM BCA

Apa bedanya manfaat setor tunai secara mandiri menggunakan mesin ATM Setor Tarik dengan melalui teller di kantor cabang BCA langsung ? 

Yuk, ketahui apa saja keunggulan dari cara setor tunai Mandiri menggunakan mesin di bawah ini : 

  • Nasabah tidak perlu bertemu dengan teller dan melakukan Cara memasukkan uang ke ATM BCA, prosedurnya pun bisa dilakukan kapanpun selama menggunakan mesin ATM Setor Tarik, jadi tidak perlu menunggu jam buka dari bank
  • Dengan melakukan setor tunai Mandiri melalui mesin ATM, transaksi setor tunai tidak akan terkena biaya admin tambahan
  • Setor Tunai Mandiri dengan menggunakan mesin ATM juga dituju ke rekening manapun, baik ke rekening pribadi atau rekening lainnya 
  • Saat melakukan Cara memasukkan uang ke ATM BCA, terdapat 2 jenis pecahan, yakni pecahan Rp50.000 dan pecahan Rp100.000
  • Dengan melakukan setor tunai Mandiri melalui mesin, kredit yang terjadi saat melakukan setoran ke rekening tujuan akan terjadi secara real time 

Tips Transaksi Setor Tunai Aman di ATM BCA

Terdapat beberapa tips yang harus nasabah perhatikan sebelum melakukan prosedur dari Cara memasukkan uang ke ATM BCA, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Cek Lokasi mesin ATM

Kehadiran ATM di area yang tidak begitu ramai, biasanya akan berpeluang terjadinya tindakan kejahatan. Misalnya ada oknum yang memasang alat skimmer di mesin ATM.

Jadi ada baiknya jika kalian pilih lokasi gerai ATM yang ramai. Usahakan pilih yang ada di bank, sebab biasanya akan ada security di sana, sehingga lebih aman.

2. Perhatikan Mesin ATM

Cek apakah ada sesuatu yang terlihat mencurigakan di mesin ATM. Khususnya pada mulut atau slot untuk memasukkan kartu ATM. Jika kalian melihat ada kejanggalan, segera cari gerai ATM lain.

3. Mengganti PIN ATM Berkala

Ganti PIN ATM secara rutin, hal ini bertujuan agar nasabah bisa mengurangi resiko pencurian uang yang ada di rekeningmu.

4. Ganti Kartu ATM yang Berteknologi Chip

Ganti kartu ATM atau Debit ke dalam kartu yang sudah memiliki teknologi chip. Jika kartu ATM milikmu masih bertipe pita magnetik, kalian bisa ke bank langsung untuk mengganti kartu.

Demikianlah penjelasan dari Cara Memasukkan Uang ke ATM BCA. Ketahui juga Perbedaan Kartu ATM BCA GPN Dan Mastercard pada informasi sebelumnya.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang