Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

5 Perbedaan Kartu ATM BCA GPN Dan Mastercard Terupdate

3 min read

Perbedaan Kartu ATM BCA GPN Dan Mastercard

Seperti apa Perbedaan Kartu ATM BCA GPN Dan Mastercard ? Pertanyaan tersebut cukup sering diajukan bagi nasabah BCA. Terutama bagi kalian yang belum mengetahui Jenis Kartu ATM BCA dan termasuk nasabah pemula. GPN dan Mastercard sendiri adalah 2 sistem pembayaran yang sering digunakan di Indonesia. 

Dengan dua sistem pembayaran tersebut, masyarakat dapat melakukan pembayaran dengan lebih mudah. Meskipun GPN dan Mastercard memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  

Nah, untuk mengetahui seluk beluk mengenai Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard, silahkan simak uraian dibawah ini hingga tuntas ya.

Apa Itu Kartu GPN?

Perbedaan Kartu ATM BCA GPN Dan Mastercard

Kartu GPN atau yang memiliki kepanjangan dari Gerbang Pembayaran Nasional ini merupakan suatu sistem pembayaran yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. 

Adanya simbol tersebut dalam kartu ATM atau kartu kredit menandakan jika pembayaran bisa dilakukan di seluruh mesin EDC yang tersedia di tempat perbelanjaan. 

Pada umumnya setiap kartu dari lembaga perbankan tertentu memiliki mesin EDC nya masing-masing. Pun demikian dengan bank BCA.

Jika dulu kartu A tidak dapat digunakan dalam mesin EDC bank B dan begitupun sebaliknya. Kartu A hanya dapat digunakan dalam mesin EDC bank A. 

Dengan ketentuan itu tentu akan menyebabkan nasabah kesulitan dalam bertransaksi. Jika tidak ada EDC dari bank yang digunakan maka kalian tidak bisa membayar, bukan? 

Itulah sebabnya GPN hadir untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi. Namun perlu diketahui bahwa kartu GPN hanya bisa digunakan dalam wilayah Indonesia saja. 

Apa Itu Kartu Mastercard?

Perbedaan Kartu ATM BCA GPN Dan Mastercard

Kartu Mastercard merupakan sistem pembayaran yang diterbitkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat bernama MasterCard Worldwide.

Mastercard ini tidak hanya bisa digunakan di Indonesia namun juga sampai di seluruh dunia. Buat kalian yang suka traveling ke luar negeri maka memiliki kartu Mastercard akan menguntungkanmu. 

Pasalnya kalian tidak perlu lagi susah-susah menukar uang karena bisa langsung menggunakan kartu dengan simbol tersebut. Menarik bukan ? 

Perbedaan Kartu ATM BCA GPN Dan Mastercard

Perbedaan Kartu ATM BCA GPN Dan Mastercard

Dari informasi yang sudah dijelaskan di atas, apakah kalian sudah menyadari Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard tersebut ?

Jika belum mari simak poin-poin mengenai Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard dibawah ini : 

1. Perusahaan Penerbit

Sudah disampaikan diatas bahwa Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard yang utama terletak pada perusahaan penerbitnya

GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional merupakan produk pembayaran yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. 

Sementara Mastercard adalah pembayaran yang diterbitkan oleh perusahaan Mastercard Worldwide Tidak heran jika Mastercard bisa digunakan bertransaksi ke luar negeri.

2. Biaya Transaksi

Ada penetapan tarif yang digunakan pada GPN dan Mastercard. Biaya yang dikenai untuk transaksi GPN sebesar 0,15% dan bisa digunakan di berbagai merchant yang ada di Indonesia. 

Sementara biaya transaksi yang dikenakan untuk jaringan Mastercard adalah 0,2% sampai 1% yang mana lebih besar dari biaya transaksi GPN. 

3. Jangkauan Pengguna

GPN dan Mastercard memiliki jangkauan penggunaan yang berbeda. GPN dapat digunakan di seluruh merchant yang menyediakan mesin EDC yang tersebar di Indonesia.

Sementara untuk Mastercard, jangkauannya jauh lebih luas karena bisa nasabah gunakan sampai ke luar negeri. 

4. Penggunaan di Merchant

Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard yang selanjutnya adalah GPN bisa digunakan di merchant apapun yang sudah menggunakan mesin EDC.

Sementara untuk Mastercard hanya bisa digunakan di merchant yang memang menyediakan alat bayar untuk Mastercard, tapi bisa juga digunakan jika nasabah hendak ke luar negeri.

5. Perlindungan Nasabah

Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard  yang terakhir adalah terkait perlindungan nasabah.

GPN memberikan fitur keamanan yang sudah distandarisasi dan t dilengkapi teknologi chip yang berguna untuk menyimpan informasi terkait pemiliknya. 

Sementara untuk Mastercard menawarkan perlindungan keamanan transaksi untuk nasabah dengan memberikan kode pengaman berupa PIN tambahan,

Apa Bisa Mengganti Jenis BCA GPN Ke Mastercard ?

Seperti halnya pada saat kalian ingin melakukan Cara Memasukkan Uang Ke ATM BCA, mengganti ATM BCA GPN ke Mastercard juga cukup mudah lho. Berikut beberapa metodenya : 

1. Menggunakan Mesin CS Digital di Kantor Cabang BCA

Nasabah bisa mengganti kartu ATM BCA GPN milikmu dengan kartu ATM BCA Mastercard secara langsung di mesin CS Digital yang ada di kantor cabang BCA. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih menu “Kartu” di layar CS Digital
  2. Kemudian klik menu “Ganti Kartu”
  3. Letakkan e-KTP di scanner e-KTP di sebelah kiri mesin
  4. Tunggu hingga verifikasi data selesai
  5. Input kartu ATM BCA GPN ke slot kartu 
  6. Pilih jenis kartu ATM BCA Mastercard 
  7. Tunggu hingga proses pembuatan kartu selesai
  8. Ambil kartu debit BCA Mastercard yang baru dari slot kartu
  9. Ambil e-KTP dari scanner e-KTP

2. Mendatangi Customer Service Kantor BCA

Kalian juga bisa mengganti kartu debit BCA GPN dengan kartu debit BCA Mastercard secara manual yakni dengan mendatangi customer service kantor BCA terdekat. Berikut prosedurnya :

  1. Ambil no antrian untuk layanan CS di kantor cabang BCA
  2. Tunjukkan buku tabungan, e-KTP, dan kartu ATM GPN mu
  3. Sampaikan jika ingin mengganti kartu debit BCA GPN menjadi Mastercard 
  4. Tunggu hingga proses pembuatan kartu selesai
  5. Ambil kartu debit BCA Mastercard dari customer service BCA

Demikian informasi mengenai Perbedaan Kartu ATM BCA GPN dan Mastercard yang perlu kalian pahami. Jadi kartu ATM apa yang kalian miliki ? 

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang