Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

2 Cara Mencairkan Deposito BCA Secara Offline dan Online

3 min read

Cara Mencairkan Deposito BCA

Apakah kalian memiliki deposito dan ingin mengetahui cara mencairkan deposito BCA ? Pada artikel ini, kalian akan menemukan panduan lengkapnya. Deposito BCA sendiri adalah salah satu jenis investasi yang dapat memberikan keuntungan yang stabil dan aman.

Berbeda dengan produk simpanan yang lainnya, Instrumen investasi yang satu ini memiliki banyak fasilitas yang tidak akan membuat nilai tabungan pokok nasabah berkurang.

Adapun untuk penjelasan selengkapnya mengenai cara mencairkan deposito BCA beserta informasi lainnya bisa kalian simak selengkapnya pada uraian dibawah ini.

Deposito BCA

Cara Mencairkan Deposito BCA

Sebelum beralih pada cara mencairkan deposito BCA, ada pertanyaan yang kerap kali diajukan banyak nasabah yakni apa itu yang dimaksud dengan Deposito ? 

Pengertian deposito adalah sebuah produk simpanan berjenis investasi sederhana dari lembaga perbankan yang menjanjikan suku bunga tetap dengan tenor waktu tertentu. 

Sebagai ganti dari tingkat bunga yang tinggi, maka dalam tenor waktu tersebut pemilik deposito sepakat untuk tidak menarik uangnya yang didepositokan.

Jadi sistem deposito BCA, bunga yang dibayarkan hanya pada akhir periode investasi. Berbeda dengan tabungan biasa yang bunganya dihitung tiap hari.

Karena tenor waktu dan suku bunga yang tetap inilah, kalian bisa dengan mudah menghitung jumlah bunga yang akan diterima pada akhir periode.

Adapun cara deposito BCA sendiri tidaklah sulit, kalian hanya membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah beberapa persyaratan yang dimaksud : 

  • Mengisi form pembukaan rekening deposito BCA dengan lengkap
  • Melampirkan identitas diri berupa KTP, SIM, atau Paspor dan NPWP bagi WNI
  • Melampirkan identitas diri fotokopi KITAS atau Paspor WNA
  • Memenuhi setoran awal minimal yang sudah ditentukan.

Cara Mencairkan Deposito BCA

Nah jika sudah memahami mengenai pengertian deposito beserta cara membuka rekeningnya, kini saatnya kita tiba pada topik utama yakni terkait cara mencairkan deposito BCA.

Cara mencairkan deposito BCA sendiri dapat dilakukan dengan 2 opsi pilihan yakni secara offline dan online. Sehingga kalian bisa memilih salah satu yang dirasa paling mudah. Berikut selengkapnya : 

Cara Mencairkan Deposito BCA Secara Offline

Cara mencairkan deposito BCA yang pertama adalah dengan mendatangi kantor cabang BCA secara langsung atau secara offline.

Jika dana tersebut sudah jatuh tempo, maka kalian dapat dengan mudah mengambilnya melalui kantor cabang BCA. Namun sebelum itu, persiapkan sejumlah syarat di bawah ini : 

  • Identitas diri (KTP)
  • Sertifikat deposito / bilyet
  • Form pencairan deposito
  • Buku tabungan BCA

Setelah syarat diatas telah terpenuhi, kalian bisa memberitahu pihak bank BCA jika ingin mencairkan deposito. Adapun untuk prosedurnya bisa pembaca ketahui di bawah ini : 

  1. Pastikan deposito sudah jatuh tempo
  2. Kunjungi kantor cabang BCA 
  3. Utarakan jika ingin mencairkan deposito BCA
  4. Berikan kelengkapan dokumen ke CS bank
  5. Pihak bank akan memberikan slip pencairan
  6. Tanda tangani slip pencairan tersebut
  7. Tunggu sampai proses verifikasi data selesai
  8. Jika sudah, petugas akan mentransfer dana ke rekening kalian

Cara Mencairkan Deposito Secara Online

Cara Mencairkan Deposito BCA

Selain dengan cara offline, beberapa lembaga perbankan seperti bank BCA juga menyediakan layanan pencairan deposito secara online lho. 

Cara mencairkan deposito BCA sendiri sangat cocok untuk kalian yang tidak ingin repot datang ke kantor cabang. Sebab prosedurnya hanya dengan memanfaatkan teknologi smartphone saja.

Adapun berikut langkah-langkah yang dapat kalian terapkan : 

  1. Pertama, buka aplikasi “MyBCA”
  2. Pilih “Deposito” dan klik “Informasi Deposito”
  3. Pilih rekening yang akan dicairkan
  4. Lalu klik opsi “Cairkan”
  5. Pilih jenis pencairan dan tekan “Lanjut
  6. Pencairan dana akan segera dikirim ke rekeningmu

Risiko Pencairan Deposito Sebelum Jatuh Tempo

Pencairan deposito sebelum waktu jatuh tempo adalah tindakan mengambil dana yang telah di tabung di bank sebelum tanggal yang sudah disepakati.

Pada dasarnya, pencairan deposito sebelum waktunya mungkin bisa dilakukan selama nasabah memenuhi sejumlah syarat tertentu.

Meski demikian, ada sejumlah risiko pencairan deposito sebelum jatuh tempo yang penting kalian simak. Berikut diantaranya : 

1. Penalti

Risiko yang pertama dari pencairan deposito sebelum waktunya adalah adanya penalti atau denda yang diberikan oleh bank BCA.

Penalti tersebut dapat berupa pengurangan tingkat bunga maupun denda tertentu yang dihitung berdasarkan persentase jumlah uang yang ditarik sebelum jatuh tempo.

2. Tidak Mendapatkan Bunga

Tidak mendapat bunga adalah risiko kedua yang mungkin terjadi dari pencairan deposito yang dilakukan sebelum jatuh tempo.

Dalam hal ini, nasabah akan kehilangan keuntungan dari bunga yang ditentukan sejak awal membuka rekening deposito.

3. Dapat Membuat Tergoda Membuat Uang Tersebut

Risiko yang selanjutnya adalah menarik dana deposito sebelum jatuh tempo dapat membuat kalian tergoda untuk menggunakan uang tersebut.

Tentu akan sangat merugikan jika kalian menggunakannya untuk hal-hal yang tidak penting. Terlebih jika kalian juga harus membayar denda saat menariknya sebelum jatuh tempo.

Alasan Pencairan Deposito Sebelum Jatuh Tempo

Cara Mencairkan Deposito BCA

Berikut dibawah ini adalah 2 alasan pencairan deposito sebelum jatuh tempo yang paling umum diajukan oleh para nasabah:

1. Memerlukan Dana Cepat

Alasan yang pertama mengapa nasabah mengambil deposito sebelum jangka waktunya adalah saat  mereka sedang berada dalam kebutuhan mendesak yang akhirnya membutuhkan dana cepat.

Alasan inilah yang mendorong nasabah tersebut untuk terpaksa melakukan pencairan deposito sebelum jatuh tempo.

2. Tergiur Karena Suku Bunganya yang Tinggi

Alasan pencairan deposito sebelum jatuh tempo yang kedua adalah karena tergiur oleh suku bunga yang tinggi. Pihak bank sering mengubah kebijakan terkait suku bunga, seperti menaikkannya.

Akan tetapi, untuk nasabah yang sudah memiliki deposito sebelum perubahan kebijakan tersebut tidak akan merasakan manfaatnya.

Oleh sebab itu, banyak nasabah yang berpikir bahwa dengan beralih ke deposito baru akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait cara mencairkan deposito BCA beserta informasi lainnya. Semoga dapat bermanfaat.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang