Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang

Sistem Deposito BCA: Pengertian & Syarat Terlengkap

3 min read

Sistem Deposito BCA

Sistem Deposito BCA masuk ke jenis investasi yang memiliki risiko rendah. Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang membuka deposito dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebagai bekal di masa depan.

Jika kalian berminat untuk melakukan deposito berjangka dan masih bingung dengan sistem deposito BCA. silahkan simak artikel dibawah ini hingga tuntas.

Deposito BCA

Sistem Deposito BCA

Salah satu lembaga perbankan milik negara Indonesia yang bisa kalian jadikan pilihan untuk menabung dengan aman yaitu bank BRI. 

BCA menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan untuk masyarakat di Indonesia, salah satunya yaitu layanan pembuatan deposito.

Deposito sendiri adalah produk simpanan sejenis investasi dari bank yang menjanjikan suku bunga tetap dengan tenor waktu tertentu. 

Sebagai ganti dari bunga yang tinggi, dalam tenor waktu tersebut nasabah sepakat untuk tidak menarik uangnya yang didepositokan.

Deposito BCA tidak hanya bisa disimpan dalam bentuk rupiah saja. Melainkan juga bisa disimpan dalam bentuk mata uang asing atau dikenal dengan nama deposito valas. 

Layaknya ketentuan dari bank lainnya, tenor waktu yang ditawarkan oleh bank BCA juga bervariasi, dari mulai 1, 3, 6, hingga 12 bulan. 

Berikut dibawah ini adalah beberapa keuntungan menabung deposito :

1. Memiliki Suku Bunga yang Kompetitif

Banyak diantara nasabah yang memilih untuk menyimpan uangnya di deposito dibanding dengan tabungan biasa karena suku bunganya yang jauh lebih tinggi.

Ya, suku bunga deposito dapat mencapai 3x lipat lebih besar dibanding tabungan biasa. Dengan begitu, imbal hasil yang akan didapat nasabah pun juga akan lebih tinggi.

2. Kemudahan Mengakses Bunga

Salah satu kelebihan dari deposito BCA adalah nasabah dapat mengakses bunganya. Nah, karena sistem deposito BCA inilah yang dapat dijadikan sebagai pendapatan alternatif.

3. Risiko Kecil

Deposito adalah jenis investasi yang memiliki risiko kecil dibanding penyimpanan lainnya. Sebab, deposito tidak mengenal adanya fluktuasi pasar dan perubahan harga.

Tidak hanya itu, jika bank sudah terdaftar di LPS, maka bisa dijamin uang yang disimpan dalam deposito akan aman serta dapat terhindar dari penyalahgunaan.

4. Bebas Admin bulanan

Keunggulan deposito lainnya dibanding dengan tabungan biasa yakni bebas biaya administrasi bulanan. Jadi, uang utama kalian di deposito tidak akan berkurang sepeser pun sampai masa jatuh tempo.

Sistem Deposito BCA

Sistem Deposito BCA

Setelah mengetahui penjelasan dari pengertian deposito beserta manfaatnya, selanjutnya kalian juga harus tahu sistem deposito BCA. 

Secara umum, sistem deposito BCA dimulai dari penyetoran sejumlah dana ke lembaga perbankan oleh nasabah untuk tenor waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Kemudian, pihak bank akan memberikan bunga secara periodik / akumulatif hingga tiba masa jatuh tempo selama periode waktu yang telah ditetapkan.

Tiap periode waktu disertai dengan suku bunga yang telah ditentukan. Seperti hal nya BCA yang mencantumkan suku bunga deposito dengan rincian sebagai berikut : 

  • Tenor 1 bulan: 3,66%
  • Tenor 3 bulan: 4%
  • Tenor 6 bulan: 2,50%
  • Tenor 12 bulan: 2,10%

Ketika tenor waktu deposito telah berakhir, nasabah bisa memilih cara mencairkan deposito BCA baik secara offline atau online untuk menarik dana beserta bunga yang terakumulasi.

Bagaimana ? Sistem deposito BCA cukup menggiurkan bukan ? Tentu ini dapat menjadi sebuah pertimbangan bagi kalian yang ingin mendapatkan keuntungan di masa datang. 

Syarat Buka Deposito BCA 

Jika kalian sudah memahami bagaimana sistem deposito BCA dan berminat untuk membuka tabungan deposito di bank BCA, ketahui syarat-syarat dokumen yang diperlukan terlebih dahulu.

Berikut diantaranya : 

  • Melengkapi form permohonan yang tersedia
  • Membawa fotokopi identitas diri yang masih berlaku
  • Memenuhi setoran awal minimal 

Cara Buka Deposito BCA 

Sering kali banyak diantara masyarakat yang ingin menabung di deposito namun tidak mengerti bagaimana prosedur menabung dengan benar.

Cara deposito BCA sendiri tidak begitu sulit, jika kalian tertarik untuk mulai menabung deposito, berikut adalah prosedur umum dari pengajuan deposito :

  1. Kunjungi kantor BCA terdekat
  2. Utarakan tujuanmu jika ingin membuka deposito BCA
  3. ikuti panduan petugas bank BCA hingga selesai

Selain itu, bank BCA juga menawarkan fasilitas pembukaan deposito secara online lho, sehingga nasabah tidak perlu lagi repot-repot mendatanginya langsung. Berikut tahapan lengkapnya : 

  1. Log in myBCA dan pilih menu “Deposito”
  2. Lalu pilih “Pembukaan Rekening” 
  3. Pahami dan centang “ Produk e-Deposito” 
  4. Pilih “rekening sumber dana”
  5. Bukan rekening joint account maupun rekening kredit 
  6. Isi penempatan awal dan pilih jangka waktu deposito 
  7. Selanjutnya, pilih jenis e-Depositonya
  8. Akan tampil rekapan e-Deposito yang sudah diisi sebelumnya
  9. Lakukan persetujuan syarat dan ketentuan e-Deposito
  10. Terakhir, input PIN dan akan tampil “Transaksi Berhasil.” 

Keunggulan Fitur e-Deposito

Sistem Deposito BCA

Diatas sudah kami sampaikan perihal Cara deposito BCA secara online, nah pada kesempatan kali ini kami juga akan mengenai keunggulan fitur e-deposito. Berikut diantaranya : 

  • Nasabah dapat bertransaksi dimanapun dan kapanpun tanpa perlu datang ke kantor cabang. Cukup dari platform myBCA yang bisa diakses dari aplikasi mobile atau website, selama jam kerja.
  • Praktis karena buka deposito bisa dari Digital Platform myBCA. Jadi, nasabah tidak perlu khawatir jika bilyet Deposito hilang, sebab e-Deposito tanpa bilyet. 
  • Terjamin aman karena setiap pencairan akan langsung ditujukan ke rekening sumber dana dan setiap pencairan akan mendapat notifikasi via email yang kalian daftarkan. 
  • Jangka waktunya fleksibel dan bisa dipilih sendiri, bisa 1, 3, 6, atau 12 bulan. Selain itu, kalian juga bisa memilih metode perpanjangan.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait Sistem deposito BCA beserta informasi-informasi lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa menghubungi kantor BCA terdekat atau bisa juga melalui Halo BCA di 1500888 dan email di halobca@bca.co.id.

Semoga bermanfaat.

Eshter Suka menulis dan membahas artikel yang berhubungan dengan finansial dan perbankan untuk menambah wawasan dimasa yang akan datang